Ketik disini

Headline Politika

Ali BD Dukung Pembentukan PPS

Bagikan

SUMBAWA-Ribuan masyarakat Pulau Sumbawa berkomitmen memenangkan Calon Gubernur NTB Independen Ali BD. Tidak hanya mendukung Ali BD dengan menyerahkan puluhan ribu dukungan KTP, warga Pulau Sumbawa juga siap mengantarkan pria yang dikenal sebagai Sang Pendobrak untuk memimpin NTB menjadi gubernur.

Ali BD dinilai menjadi figur pemimpin yang betul-betul memahami keinginan rakyat Pulau Sumbawa. Salah satunya yakni keinginan untuk membentuk Provinsi Pulau Sumbawa (PPS).

Dukungan kepada Ali BD membludak kala dirinya menyambangi masyarakat di Pulau Sumbawa sejak Kamis (13/4) lalu hingga akhir pekan. Ali BD menghadiri silaturahmi dengan masyarakat mulai dari Bima, Dompu hingga Pulau Sumbawa. Sehari, Ali BD mengunjungi dua hingga tiga lokasi pertemuan. Ribuan masyarakat begitu antusias mendukung satu-satunya calon independen tersebut.

Begitu juga saat dirinya mengunjungi Kecamatan Lape dan Alas Kabupaten Sumbawa Sabtu (14/4) lalu. Ribuan warga membanjiri lokasi pertemuan dengan pria yang akrab disapa Amaq Elo itu. Mereka menyemuti lokasi pertemuan untuk berdialog langsung hingga sekadar bertatap muka dan berfoto dengan pria yang identik dengan kaca mata hitam tersebut.

Kecintaan masyarakat Pulau Sumbawa kepada Ali BD tidak lepas karena ia dinilai menjadi tokoh yang paling lantang menyatakan dukungan untuk terbentuknya PPS. Di saat calon pemimpin lainnya justru diam dan malah enggan menginginkan PPS terbentuk. “Dari hasil survei yang saya minta dilakukan oleh lembaga kredibel, 82 persen masyarakat Pulau Sumbawa ingin PPS terbentuk. Ini keinginan rakyat, jadi tidak ada alasan untuk menentangnya. Tidak ada yang bisa melawan kedaulatan rakyat termasuk gubernur sekalipun,” terang Ali BD saat menggelar kampanye dialogis di wilayah Lape dan Alas Kabupaten Sumbawa.

Selama ini, masyarakat di Pulau Sumbawa merasakan ada ketimpangan pembangunan antara di Pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa. Hal ini dikatakan Ali BD terjadi karena banyak hal. Salah satunya yakni luas wilayah dan perbandingan jumlah penduduk dua pulau tersebut. Jumlah penduduk di Pulau Sumbawa sangat kecil dibandingkan dengan Pulau Lombok. Lima kabupaten kota di Pulau Sumbawa sebading dengan jumlah penduduk Kabupaten Lombok Timur, daerah yang dipimpin Ali BD dengan jumlah penduduk mencapai 1,3 juta jiwa.

Sementara luas lahan Pulau Sumbawa mencapai dua sampai tiga kali lipat Pulau Lombok. Ini yang membuat kemudian pembangunan yang ada di Pulau Sumbawa terkesan belum maksimal. “Maka PPS harus menjadi keniscayaan. Setelah Moratorium pembentukan daerah baru dibuka oleh pemerintah pusat, PPS harus pertama terbentuk,” tegas Ali BD.

Jika PPS terbentuk, maka Pulau Sumbawa dikatakan akan mengalami kemajuan yang pesat. Bahkan akan meninggalkan pembangunan yang ada di Pulau Lombok. Mengingat potensi Pulau Sumbawa dinilai Ali BD jauh lebih besar dibanding Pulau Lombok. Mulai dari kekayaan hasil pertanian hingga tambang menjadi modal penting untuk kemajuan Provinsi Pulau Sumbawa.

Dengan catatan, pemerintah harus membuka sejumlah akses jalan strategis yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Pulau Sumbawa. Mulai dari jalan di Batu Mega, Tepal, Batu Lanteh, Batu Rotok ke bawah Lunyuk, La Bangka hingga ke Taliwang dikatakan Ali BD harus dibangun. “Perbanyak Jalan strategis di Sumbawa. Khususnya di wilayah selatan untuk meretas ketertinggalan ekonomi. Pembangunan jalan sangat penting meskipun membutuhkan biaya besar, tapi akan menghasilkan kemajuan yang besar juga,” ucapnya.

Ali BD menuturkan puluhan tahun lalu dirinya telah mengelilingi Pulau Sumbawa dan membangun sejumlah usaha hingga sekarang di pulau ini. Jadi Pulau Sumbawa sudah tidak asing lagi baginya karena hampir semua wilayah yang ada di Pulau Sumbawa dari Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu, hingga Bima telah ditelusurinya.

“Tidak boleh seorang pemimpin tidak tahu apalagi buta dengan daerah yang akan dipimpinnya,” ucapnya. Dari apa yang dilihat Ali BD dengan potensi Pulau Sumbawa, ia merasa memang sudah sepantutnya Sumbawa menjadi Provinsi. Agar masyarakat di Pulau Sumbawa bisa meningkatkan kesejahteraannya. “Saya juga setuju nanti di buka tambang baru, karena kehadiran tambang akan mendorong kemajuan. Ini salah satu kelebihan Pulau Sumbawa dibanding Lombok, mereka punya tambang sedangkan Pulau Lombok tidak punya,” ucapnya.

Jika PPS terbetuk, sesuai ketentuan Ali BD menegaskan NTB sebagai provinsi induk siap menganggarkan operasional PPS selama tiga tahun. Ali BD sekali lagi menyatakan dukungannya terhadap apa yang diinginkan masyarakat Pulau Sumbawa untuk pembengtukan PPS. Karena bagi Ali BD, kepentingan rakyat di atas segalanya dari kepentingan politik, DPRD, apalagi partai politikk.

“Konsep Ideologi pebangunan saya adalah pro rakyat. Jadi kepentingan rakyat, kedaulatan rakyat, kebebasan rakyat harus yang utama di atas kepentingan apapun,” pungkasnya. (ton/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka