Ketik disini

Giri Menang Headline

Anak Muda Itupun Jadi Ketua Dewan

Bagikan

GIRI MENANG-Pengambilan sumpah atau janji Ketua DPRD Lobar pengganti antar waktu 2014-2019 telah dilakukan. Imam Kafali resmi menggantikan Hj Sumiatun, setelah dilantik Ketua Pengadilan Negeri Mataram Hariyadi di ruang sidang DPRD Lobar pada Jumat (13/4) lalu.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan palu pimpinan sidang dari Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Lobar yang diwakilkan Wakil Ketua II DPRD Lobar H Nursaid kepada Imam Kafali. Dengan penyerahan palu tersebut, wewenang dan tanggung jawab untuk memimpin DPRD Lobar kini menjadi tanggung jawab Imam Kafali.

Imam Kafali menuturkan, melaksanakan tugas sebagai ketua dewan amatlah berat. Namun, ia yakin dengan kekompakan dan kerja sama seluruh anggota dewan, dan eksekutif, serta dukungan masyarakat, segala permasalahan dan pekerjaan dapat diselesaikan bersama.

“Sehingga apa yang menjadi program-program dapat dijalankan sesuai harapan bersama,” ungkap Imam usai pelantikan.

Ia mengungkapkan, memiliki sejumlah target. Yakni menjamin pengontrolan, penganggaran, dan fungsi legislasi. Selain itu pihaknya akan melakukan perbaikan secara internal. Mulai dari masalah manajemen, tata ruang, dan pelayanan.

“Kenyamanan juga perlu, agar para anggota tetap konsisten dalam menjalankan tugas,” ungkap Ketua DPRD termuda se-Indonesia ini.

Begitu pun dengan pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) turut menjadi perhatian Imam. Ia menuturkan, pembahasan raperda adalah bagian dari tugas pokok anggota dewan, yakni pengontrolan, penganggaran, dan legislasi.

 “Ibu Hj Sumiatun sudah berusaha memperbaiki itu, dan dengan meminta saya untuk memperbaiki kembali,” tambah bapak dua anak ini.

Pada kesempatan itu, Imam tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada Hj Sumiatun atas jasa dan pengabdiannya sebagai Ketua DPRD Lobar. Ia berharap, kontribusi yang sudah diberikan akan mendapat balasan setimpal dari Allah SWT.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lobar H Lalu Saswadi menyampaikan, posisi ketua dewan amatlah penting. Tidak hanya dalam konteks membangun sistem pengambilam keputusan kolegial yang diatur dalam tata tertib persidangan.

“Ketua dewan juga menjadi yang terdepan dalam menjalin hubungan kemitraan dengan Pemkab Lobar selaku eksekutif,” bebernya.

Saswadi mengaku bangga Imam Kafali ditunjuk sebagai Ketua DPRD Lobar. Ini menjadi bukti nyata iklim demokrasi di Lobar sangat sehat. Di mana anak muda, selama memiliki kualitas, bisa ditunjuk memimpin sebuah lembaga tinggi.

“Saya selalu berkeyakinan, kreativitas kaum muda akan semakin meningkatkan kinerja DPRD untuk melahirkan peraturan daerah yang sangat dinantikan masyarakat,” tutupnya.

Rapat paripurna istimewa dalam rangka peresmian dan pengucapan sumpah atau janji Ketua DPRD Lobar pengganti antar waktu sisa masa jabatan 2014-2019 merupakan tindak lanjut terhadap Keputusan Gubernur NTB Nomor 171.3-310 Tahun 2018 tentang Peresmian Pemberhentian Antar Waktu Ketua DPRD Lobar Hj Sumiatun. Serta, keputusan Gubernur NTB Nomor 171.2-310 Tahun 2018 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Ketua DPRD Lobar Imam Kafali Sisa Masa Jabatan 2014-2019. (ewi/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka