Ketik disini

Praya

Lahan Pertanian Terus Berkurang

Bagikan

PRAYA-Lahan pertanian di Lombok Tengah, terus mengalami pengurangan. Itu karena, warga menukarnya dengan bangunan. Jika tidak cepat dibatasi, maka berpengaruh pada produktifitas pertanian.

“Mohon bantuan warga, untuk menjaga lahan produktifnya masing-masing,” harap Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Loteng Lalu Iskandar, kemarin (15/4).

Ia menjelaskan, ditingkat provinsi sudah ada payung hukum, berupa Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2013 tentang, perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Aturan itu dibuat, untuk menjamin adanya perlindungan, perencanaan, penetapan, pengembangan, pemanfaatan dan pengawasan lahan pertanian.

Jika tidak, lanjut Iskandar maka menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup masyarakat. Karena, kondisi pangan yang berkurang, bahkan tidak menutup kemungkinan krisis pangan. “Atas dasar itulah, kewajiban kami untuk mengingatkan aturan yang dimaksud,” serunya.

Masyarakat dimana pun berada, tekannya berkewajiban mematuhi, melaksanakan dan menjalankannya. Jika ada yang melanggar, maka akan mendapatkan sanksi. “Mari jaga lahan kita, untuk anak cucu kita kelak,” serunya lagi.

Pemerintah pun, diakuinya pasti akan berpihak kepada masyarakat. Khususnya, petani. Bentuknya berupa, penyediaan irigasi pertanian, jalan usaha tani, bantuan bibit, pupuk bersubsidi, alat pertanian embung hingga asuransi pertanian. “Itu demi kelangsungan lahan pertanian kita. Termasuk, peningkatan kesejahteraan para petani,” kata Iskandar.(dss/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka