Ketik disini

Kriminal

Staf Ahli Presiden Apresiasi Inovasi Imigrasi Mataram

Bagikan

MATARAM-Ruang layananan ramah HAM di Kantor Imigrasi Mataram menjadi terobosan baru untuk pelayanan publik. Penerapannya bahkan mendapat apresiasi khusus dari Staf Ahli Presiden saat berkunjung, Jumat (13/4).

Staf Ahli Kantor Staf Presiden Kedeputian V Urusan Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM Strategis Sunarman Sukamto berharap, kantor Imigrasi atau bahkan instansi pemerintah lainnya, bisa mengikuti apa yang dilakukan Kantor Imigrasi Mataram.

”Luar biasa. Ini yang pertama saya temui, ada kantor yang punya ruang khusus, layanan khusus dengan SOP khusus untuk penyandang disabilitas,” kata Sunarman.

Menurut dia, inovasi dari Kantor Imigrasi Mataram merupakan langkah maju. Bisa menjadi pilot project bagi instansi pemerintah lainnya, yang juga menyelenggarakan pelayanan publik. ”Sudah saatnya instansi atau lembaga tidak mengasihani para penyandang disabilitas, tetapi memberikan fasilitas dan memberdayakan mereka,” ujar dia.

Sunarman mengaku sudah mendapat informasi mengenai inovasi dari Kantor Imigrasi Mataram. Kedatangannya saat itu, juga untuk melihat secara langsung operasional pembuatan paspor untuk penyandang disabilitas.

Dalam kunjungannya, Sunarman yang didampingi Manajer Difabel Endris Foundation Lalu Wisnu Pradipta tampak takjub dengan ruangan layanan khusus ini. Apalagi melihat tempat foto paspor, yang dirancang khusus untuk memudahkan penyandang tuna daksa.

”Tambah kaget dengan adanya buku persyaratan pembuatan paspor dengan huruf Braille. Ini merupakan langkah yang sangat maju dengan adanya buku ini,” tuturnya.

”Petugas tinggal memberikan buku tersebut dan kemudian dibaca langsung penyandang Tuna Netra,” kata Sunarman seraya menyebutkan adanya petugas pemandu khusus juga sangat membantu para penyandang disabilitas.

Dia juga memberikan penghargaan adanya layanan emergency service kepada orang yang memang benar-benar tidak bisa datang ke kantor untuk membuat paspor. ”Ini bentuk nyata pelayanan inklusif. Saya berharap layanan ini memberi kemudahan kepada mereka yang memang benar-benar tidak bisa foto paspor, misalnya orang sakit keras yang akan berobat ke luar negeri,” terang dia.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Azhan Miraza berterimakasih atas apresiasi yang diberikan. Hal ini bisa menjadi penyemangat kepada jajaran Kantor Imigrasi Mataram untuk memberi  pelayanan paripurna kepada masyarakat.

”Dalam persiapan Layanan Paspor Berdimensi Ramah HAM ini kami melakukan diskusi secara intens dengan para penyandang disabilitas. Dengan cara demikian, diharapkan layanan yang kami berikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Azhan. (dit/r2/*)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka