Ketik disini

Sumbawa

Sumbawa Dapat Bantuan 400 Sapi Australia

Bagikan

SUMBAWA– Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Peternakan memberikan bantuan 400 ekor sapi jenis Brahman Cros dari Australia untuk peternak di Kabupaten Sumbawa. Dua kecmatan yang menjadi sasaran bantuan yang disalurkan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Sumbawa itu adalah Kecamatan Labangka dan Kecamatan Lunyuk.

Kepala Dinas Disnakeswan Sumbawa Thalifuddin mengatakan, bantuan A�tersebut sebagai bentuk dukungan program Gerakan Masyarakat Agribisnis Jagung Terintegrasi Sapi (Gema JIPI) di Kabupaten Sumbawa. Bantuan 400 ekor sapi tersebut diberikan kepada masing masing 10 kelompok di Kecamatan Labangka dan Kecamatan Lunyuk. Setiap kelompok mendapatkan 20 ekor. Sehingga totalnya masing masing 200 ekor untuk kelompok ternak di Labangka dan 200 ekor untuk peternak di Lunyuk.

Menurut Talif, bantuan ternak tersebut sekarang ini tengah dalam persiapan untuk dibawa ke Indonesia. Diperkirakan bulan Juni mendatang, ternak sudah di tangan peternak. Pemilihan dua kecamatan itu katanya karena dua kecamatan ini memenuhi syarat untuk pakan ternak. Dengan padang rumput yang luas dan penerapan teknologi pengolahan pakan di tingkat kelompok petani peternak.

“Kelompok ternak yang akan mendapatkan bantuan telah melalui proses verifikasi sekitar Februari lalu. Verifikasi langsung dilakukan terhadap peternak calon penerima bantuan dengan membagi tim di Labangka dan Lunyuk. Termasuk melihat ketersediaan pakan di dua wilayah tersebut,” katanya.

Saat tim tim verifikasi dari Dirjen Peternakan bersama Balai Peternakan di Bali melihat antusiame dan kesiapan peternak di dua wilayah tersebut, dirinya ikut mendampingi. Beberapa hal yang dilihat terutama dalam hal persediaan kebun pakan ternak terutama lamtoro, taramba dan kinggrass.

“Yang jelas, Kabupaten Sumbawa bersaing dengan ratusan kabupaten lainnya se-Indonesia untuk mendapatkan bantuan berupa bibit sapi jenis Brahman Cros asal Australia ini,” katanya. (aen/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka