Ketik disini

Selong

Dispar Lotim Bantu Pengembangan Desa Wisata

Bagikan

SELONG–Sejumlah desa wisata mulai menggeliat di Lombok Timur. Salah satunya Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak. Pemerintah desa mulai membangun sejumlah destinasi wisata memaksimalkan potensi pantai di desa tersebut. Sayangnya, Pemkab Lotim justru dinilai kurang mendukung kehadiran desa wisata.

buy dapoxetine online cheap, cheap dapoxetine

“Semua berugak dan penataan wisata Pantai Lungkak (pantai wilayah Desa Ketapang Raya, Red) dilakukan oleh pemerintah desa. Belum ada perhatian pemerintah kabupaten,” aku Sawaludin, salah seorang warga kepada Lombok Post ditemui di area wisata Pantai Lungkak.

Begitu juga dengan penataan pedagang kaki lima, semua murni dilakukan masyarakat setempat. Tanpa bantuan pemerintah kabupaten. Mulai dari sarana dan fasilitas pendukung pariwisata, semua dibangun hanya oleh pemerintah desa.

“Kalau memang pemerintah mau membangun pariwisata, harus mereka mau peduli dan ikut mendukung pemerintah desa untuk terus menata destinasi wisata kami,” pinta Sawaludin.

Karena ia menilai, anggaran pemerintah desa sangat terbatas. Sehingga dibutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten untuk melakukan lonjakan pembangunan destinasi wisata yang bisa menarik kunjungan wisatawan.

“Lihat saja sendiri, dampak ekonominya kepada masyarakat juga cukup baik. Warga jadi banyak yang bisa berjualan dan mencari rezeki di kawasan pantai,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Lotim M Juhad ditemui Lombok Post di kantornya mengaku pihaknya sudah menyiapkan bantuan untuk pengembangan Desa Wisata Ketapang Raya. Tahun ini Dispar Lotim dikatakannya telah menganggarkan sekitar Rp 80 juta untuk mendukung destiasi wisata Pantai Lungkak.

“Kami sudah menganggarkan untuk pembuatan jalan trotoar untuk menghubungkan berugak yang ada di Pantai Lungkak Desa Ketapang Raya. Itu masuk desa binaan kami karena di sana ada juga Pokdarwisnya,” beber Juhad.

Trotoar menggunakan paping blok dibangun untuk menghubungkan setiap berugak. Termasuk di antaranya nanti dibangunkan tempat pameran dan kesenian di sekitar Pantai Lungkak.

Selain itu Juhad juga membeberkan pihaknya tahun ini sudah membangun rest area di Sembalun, pemagaran di Puri Rinjani Sembalun, pembangunan Musala di Tanjung Menangis, Pantai Kerakat Gading serta pembangunan lapak dan cendera mata di Joben. “Obyek wisata itu kita perbaiki semuanya agar pengunjung yang datang senang. Apalagi sekarang jelang puasa biasanya warga Lotim beramai-ramai mendatangi obyek wisata, begitu juga ketika lebaran,” jelasnya. (ton/r2)  

Komentar

Komentar

Tags:
 wholesale jerseys