Ketik disini

Pendidikan

SMK Pelayaran Siapkan Lulusan Siap Kerja

Bagikan

MATARAM-Biaya mahal, namun menjanjikan. Itulah yang dipegang  SMK Pelayaran Mataram dalam mendidik siswanya. “Kalau sekolah di sini (SMK Pelayaran) biayanya mahal, tapi hasilnya langsung kerja,” kata Waka Kurikulum SMK Pelayaran Mataram Hairul Nikmah, kemarin (25/7).

SMK Pelayaran Mataram salah SMK swasta di Kota Mataram yang tetap eksis. Tahun ini jumlah siswa diterima sebanyak 28 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Yang daftar banyak, namun pas daftar ulang banyak yang kabur karena aturan yang ketat,” tutur perempuan berjilbab ini.

Diugkapkan, masuk di sekolah ini harus siap mental. Sebab, siswa di sini tidak ada yang pulang ke rumahnya, melainkan mereka langsung tinggal di asrama. “Jika hanya ingin gaya-gayaan naik motor terus pulang maka tidak bisa masuk sini,” jelas Nikmah.

Nikmah membeberkan, sekolah ini biayanya cukup besar. Sebab, lulusan langsung terjun ke pelayaran. Bahkan, dulu sebelum mandiri atau belum ada persetujuan dari Kementerian Perhubungan, siswa kelas XII harus belajar satu semester di Jakarta.

Kini, hal tersebut tidak berlaku lagi. Siswa tidak perlu lagi ke Jakarta untuk belajar atau pun ujian. Karena, sekolah sudah memiliki izin dan sudah mendapat restu dari Kementerian Perhubungan. “Kalau kita belum disetujui tidak bisa meluluskan. Kami juga sudah ada kerja sama dengan ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan),” tuturnya.

SMK Pelayaran Mataram memiliki kelebihan dibandingkan sekolah lainnya. Siswa tidak hanya mendapatkan ijazah begitu lulus, namun juga memiliki sertifikat pelayaram. “Ini bisa digunakan melamar kerja,” kerjanya.

Lulusan SMK Pelayaran Mataram tambah NIkmah, sebagian besar bekerja di kapal. Entah itu kapal pesiar, kapal penumpang, maupun kapal kargo. “Sebagian besar siswa kami langsung bekerja di kapal,” tutupnya. (jay)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka