Ketik disini

Praya

PPN Awang Beroperasi Akhir Tahun Ini

Bagikan

PRAYA-Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Teluk Awang di Dusun Awang Balak Desa Mertak, Pujut Lombok Tengah menurut rencana akan beroperasi, akhir tahun ini.

“Itu informasi yang kami terima dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Alhamdulllah,” ujar Bupati Loteng HM Suhaili FT, saat meninjau PPN Teluk Awang, kemarin (25/7).

Suhaili mengatakan, jumlah dermaga yang sudah terbangun sekarang ada tiga unit. Dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti, tempat pelelangan ikan, pabrik pengolahan es batu, SPBU, jaringan listrik dan pipanisasi air bersih PDAM.

“Insya Allah, ada 100 kapal per bulan yang akan berlabuh di pelabuhan kita tercinta ini,” cetusnya didampingi Sekda HM Nursiah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Muhamad Kamrin dan para pejabat SKPM lingkup Pemkab.

Kalau sudah seperti itu, Suhaili yakin roda ekonomi masyarakat  akan terus bergerak. Itu menjadi tujuan utama pembangunan daerah. Sehingga, kabar baik dari KKP tersebut harus cepat disikapi. Dengan cara, mempersiapkan sumber daya manusianya.

“Mari kita sukseskan pengoperasian PPN Teluk Awang ini. Jaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban,” sambung Sekda Loteng HM Nursiah,

Senada dikatakan Kepala DKP Loteng Muhamad Kamrin. Ia menjelaskan, kapasitas kapal di masing-masing dermaga tersebut yaitu, ada ukuran kecil antara 10-50 GT, ukuran sedang 100 GT dan ukuran besar 300 GT. “Yang beroperasi sekarang, baru ukuran kapal 3-10 GT saja,” ujarnya.

Bahan bakar minyak kapal-kapal tersebut, tambah Kamrin tidak perlu dikhawatirkan. Karena kapasitas SPBU nya mencapai 10 ribu liter. Kalau pun kurang, pihak Pertamina siapmenyalurkannya. “Dari pada bangunannya rusak, memang sudah saat ini pelabuhan ini dioperasikan,” ujarnya lagi.(dss/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka