Ketik disini

Tanjung

Bulan Depan Ditargetkan Sudah Realisasi

Bagikan

TANJUNG-Program jambanisasi 2018 akan direalisasikan bulan depan. Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DLHPKP) Lombok Utara menyasar lima desa. ”Sekarang sedang diproses rekening kelompoknya. Agustus kita targetkan pencairan dari BPKAD,” ujar Kepala DLHPKP Lombok Utara H Rusdi, kemarin (26/7).

 Dijelaskan, jumlah penerima bantuan program ini sebanyak 1.553 kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang. Selain itu, kelompok harus menyusun jumlah dan biaya tukang yang akan membantu mengerjakan di lapangan.

Namun konsep gotong royong tetap dikedepankan antara kelompok penerima. Khusus untuk bantuan tukang pembayaran dari item anggaran lain. ”Kami yakin dua bulan tuntas,” tandasnya.

Rusdi menjelaskan, total jumlah bantuan ini sebesar Rp 4,6 miliar lebih. Nantinya masing-masing penerima diberikan dalam bentuk material dengan biaya Rp 3 juta per unit.  Jumlah ini berkurang dari program 2017 sebesar Rp 3,4 juta, namun jumlah penerima bertambah.

Penerima bantuan jambanisasi 2018 di Desa Sambik Bangkol sebanyak 312 KK, Desa Jenggala 365 KK, Desa Tegal Maja 178 KK, Desa Sokong 204 KK, Desa Malaka 390 KK, dan Desa Bayan sebanyak 104 KK.

Untuk mengawasi proses pengerjaan, dinas sudah menempatkan fasilitator di masing-masing kelompok penerima. Fasilitator bertugas mengawasi progres pembangunan maupun jumlah sasaran penerima sesuai data tersebut.

Lebih lanjut, Rusdi mengatakan, program bantuan ini bersifat stimulus pada target untuk kabupaten ODF dalam arti kepemilikan akses jamban. Minimal dalam dua atau tiga KK ada satu jamban. (puj/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka