Ketik disini

Giri Menang

Pilkades Mulai Digelar Oktober

Bagikan

GIRI MENANG– Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tinggal hitungan bulan. Informasi yang disampaikan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Barat (Lobar), pilkades serentak tahun ini akan dilaksanakan sekitar Bulan Oktober hingga Desember.

“Kami sedang susun Perbup-nya. Draft Perbup itu sudah 90 persen, jadi sekitar Bulan Oktober dan Desember 77 desa yang melaksanakan (gelaran pilkades),” ungkap Kepala Dinas PMD Lobar Lalu Edy Sadikin.

Dinas PMD akan fokus meminimalisir gejolak dalam pelaksanaan pilkades nanti. Dalam hal ini pihaknya melibatkan LSM, media, TNI-Polri, Bakesbangpoldagri hingga Forum Kepala Desa.

PMD tak henti melakukan sosialisasi terkait pilkades untuk menekan peluang adanya konflik. Pihaknya memberi perhatian terhadap persoalan yang dinilai sebagai titik krusial penyebab potensi terjadinya konflik.

“Ini yang harus kita antisipasi,” cetusnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, perhelatan pilkades rentan mengganggu kondusivitas daerah. Bahkan bisa dikatakan, pilkades lebih berpotensi konflik ketimbang pilkada lalu.

Sejauh ini pihaknya mecatat ada 77 desa yang akan menggelar pilkades serentak. Namun jumlah ini berpeluang bertambah. Mengingat besar kemungkinan ada desa yang akan mengajukan diri ikut menggelar pilkades.

Di Lobar terdapat 119 desa dan 846 dusun. Ditambah tiga kelurahan dengan 10 Kecamatan. Rata-rata di setiap kecamatan ada desa yang menggelar pilkades serentak.

“Kemungkinan bisa bertambah (desa yang menggelar Pilkades, Red) kalau ada yang nanti dimajukan. Tergantung dari permintaan desanya,” jelas Lalu Edy.

Yang sudah pasti akan menggelar pilkada saat ini sebanyak 77 desa. Masa jabatan kades di desa-desa tersebut sudah habis. Ada juga kades yang maju mencalonkan diri sebagai anggota dewan. Mereka nantinya akan akan digantikan oleh Plt Kades sambil menunggu hasil pilkades serentak.

Sementara itu, Komadan Kodim 1606 Lobar Letkol CZI Djoko Rahmanto mengaku pihaknya juga memberi perhatian terhadap pelaksanaan pilkades tahun ini. “Kami akan bekerja sama dengan instansi terkait terutama pak bupati untuk memegang kendali keamanan bersama,” ujarnya kepada Lombok Post. (ton/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka