Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

IWAPI NTB Genjot UMKM Berbasis IT

Bagikan

TANJUNG– Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) NTB berupaya menambah jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis IT di NTB. Rencana tersebut merupakan salah  satu rekomendasi rapat kerja daerah (Rakerda) III DPD IWAPI NTB.  Rakerda III itu berlangsung di Gedung Serbaguna Gondang, Lombok Utara pada Sabtu, (28/7). Kegiatan tersebut melibatkan 10 DPC IWAPI se-NTB.

Ketua DPD IWAPI NTB Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan, penambahan UMKM berbasis IT itu sangat penting untuk menambah daya saing NTB dalam sektor ekonomi. “Kami menargetkan 120 UMKM baru di NTB setiap tahun,” kata Baiq Diyah kepada Lombok Post kemarin (1/8).

Dikatakan, NTB merupakan daerah kunjungan wisata yang berpotensi mendorong peningkatan perekonomian rakyat. Maka itu, pihaknya ikut mendongkrak ekonomi rakyat dengan menumbuhkan jumlah UMKM baru di NTB.

Baiq Diyah yang juga anggota DPD RI itu menilai tekhnologi menjadi salah satu unsur penting dalam berbisnis. Promosi hingga jual beli produk bisa dilakukan melalui internet.

Terkait itu, DPD IWAPI NTB mengangkat tema Rakerda III yaitu Peningkatan UMKM dan Wanita Pengusaha Berbasis IT dalam Meningkatkan Perekonomian Daerah. “Gerakan ini tujuannya untuk mendorong daya saing ekonomi masyarakat. Kalau dalam sebulan pertumbuhan UMKM baru mencapai 100 UMKM, maka ekonomi kita akan terus menggeliat,” ujarnya.

Diyah yang juga Ketua Persatuan Senam Indonesia (Persani) NTB menegaskan, keberadaan UMKM itu berdampak global. Salah satunya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Lagipula, produk yang dihasilkan UMKM tersebut berpotensi merambah pasar nasional bahkan internasional.

Usai mengadakan Rakerda III, IWAPI NTB juga menghimpun sekaligus menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok Utara. “Iya, kami sudah menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Bayan Belek dan Senaru,” ungkap diyah.

IWAPI merupakan organisasi wanita nirlaba yang didirikan pada tanggal 10 Februari 1975. Organisasi ini sebagai wadah sekaligus mitra bagi wanita pengusaha untuk membuka kesempatan usaha dan menyuarakan kepentingan anggotanya. (tan/r3/*)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka