Ketik disini

Kriminal

TNI Bersihkan Reruntuhan Rumah Korban Gempa

Bagikan

MATARAM-Kerja jajaran TNI dalam penanganan korban gempa.terus berlanjut. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto bahkan menegaskan, penanganan bencana alam di Lombok akan dikerjakan hingga tuntas.

Benny mengatakan, setelah seluruh wisatawan dievakuasi dari Gunung Rinjani, kerja TNI masuk pada tahapan membantu warga di wilayah terdampak gempa. TNI akan membersihkan puing dari reruntuhan rumah korban gempa.

”TNI masuk pada tahapan itu, membersihkan puing yang runtuh,” kata Benny, kemarin.

Saat ini, kata Benny, anggotanya tengah mendata kerusakan tiap rumah di kawasan Sembalun, Sambelia, Lombok Timur dan Kecamatan Senaru, di Lombok Utara. Dari data itu juga, masyarakat akan diberikan bantuan yang disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

”Ada alokasi anggarannya. Tapi, BNPB yang menentukan,” ujar dia.

Mengenai proses pembangunan kembali rumah warga, Pangdam menyebut bukan menjadi tugas TNI. Jajarannya hanya membantu membersihkan puing reruntuhan. Sementara untuk membangun kembali, diserahkan kepada masing-masing warga.

”Kita cuma bersihkan saja. Nanti, warga yang membangun sendiri, memakai anggaran yang diberikan BNPB itu,” sebut Benny.

Lebih lanjut, meski proses evakuasi telah tuntas, Benny mengatakan bawah jajarannya tetap standby di lokasi terdampak bencana. Pihaknya juga telah mendirikan dapur lapangan. Termasuk, tenaga kesehatan yang melayani korban gempa.

”Masih standby, sampai dinyatakan selesai,” tandas dia.

Direktur Operasi dan Latihan (Diropslat) Basarnas Brigjen TNI Mar Bambang Suryo Aji mengatakan, sudah tidak ada lagi korban yang terjebak di Gunung Rinjani. Seluruhnya telah dievakuasi, termasuk jenazah Muhammad Ainul Takzim.

Kepastian klirnya kawasan Gunung Rinjani dari keberadaan wisatawan, setelah tim evakuasi melakukan penyisiran. Pencarian dilakukan melalui pintu masuk kawasan, baik melalui jalur darat maupun udara.

”Kondisi ini kita pastikan setelah tim evakuasi melakukan penyisiran di setiap pintu masuk kawasan, baik melalui jalur darat maupun udara,” kata dia.

Karena telah menuntaskan evakuasi dan memastikan tidak adanya warga yang terjebak di Gunung Rinjani, Bambang telah menarik seluruh tim evakuasi. ”Semua tim kita tarik, karena informasi tidak ada korban lain, baik yang dihimpun dari data BPBD maupun masyarakat,” pungkas Bambang.(dit/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka