Ketik disini

Giri Menang

Waspadai Gelombang Tinggi

Bagikan

GIRI MENANG-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait adanya gelombang tinggi. Sejumlah perairan di Indonesia bepeluang terjadi gelombang, dengan tinggi 1,25 meter hingga 6 meter.

“Salah satunya yakni di laut Bali dan perairan barat Lombok,” ungkap Kepala Klimatologi Lombok Barat Wakodim.

Dari edaran yang dikeluarkan BMKG dijelaskan, tekanan tinggi terjadi di perairan barat Australia. Ini yang memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin timur mencapai 55 km/jam. Angin melewati samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara, selatan Jawa dan barat Lampung yang menyebabkan terjadi peningkatan tinggi gelombang hingga perairan NTB.  Untuk wilayah laut Bali dan perairan barat Lombok, peluang tinggi gelombang mencapai sekitar 1,25 hingga 2,5 meter.

“Peringatan ini berlangsung sejak 2 sampai tanggal 5 Agustus. Kalau ada perubahan nanti kami infokan updatenya,” lanjut Wakodim.

Dengan adanya peringatan ini, pelayaran mulai dari perahu nelayan, penumpang hingga kapal pengangkut barang diharapkan bisa memperhatikan keselamatan saat berada di tengah laut.

Sementara dari pantauan Lombok Post, penyebarang di Pelabuhan Lembar kemarin terlihat normal. Baik di wilayah kerja ASDP Lembar maupun di wilayah kerja Pelindo. Sejumlah penumpang kapal ferry masih tetap beraktivitas seperti biasa.

“Kalau di Lembar, untuk sementara tidak ada masalah. Hanya saja di Padangbai dermaganya tidak bisa dimaksimalkan karena ombak pantai yang besar,” terang Wayan Arie, nakhoda kapal Munic Line kepada Lombok Post.

Sedangkan General Manager ASDP Lembar yang coba dikonfirmasi kemarin tidak berada di lokasi karena mendampingi tamu dari pusat. Demikian halnya dengan Humas Pelindo Cabang Lembar Rangga. (ton/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka