Ketik disini

Sumbawa

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Bagikan

DOMPU-Perpustakaan Desa Cempi Jaya, Dompu keluar sebagai juara harapan satu lomba Perpustakaan dan Kearsipan Tingkat Nasional. ”Kesuksesan ini merupakan buah dari kerja keras kami selama ini, yang melakukan pembinaan langsung kepada pepustakaan desa tersebut,” ucap Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DPKD) Dompu Rohyani saat dihubungi via telepon, kemarin.

Menurutnya, hal tersebut juga sebagai bukti bahwa kehadiran perpustakaan di desa tersebut banyak memberi pengaruh positif bagi warga setempat. ”Ini dilihat dari tingginya animo masyarakat terhadap akses informasi melalui buku bacaan dan internet desa,” terang pria berkacamata ini.

Keberadaan lembaga perpustakaan di tingkat desa/kelurahan lanjut Yani, menjadi sesuatu yang penting dan bermakna. Karena dengannya warga dapat mengakses informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia. ”Perpustakaan merupakan gudang ilmu pengetahuan, jadi siapapun yang mau sukses dia harus rajin ke perpustakaan dan membaca,” tegasnya.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan Bupati Dompu H Bambang M Yasin. Dia katanya, selalu mendukung program literasi dan akses informasi. ”Bupati Dompu telah mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor. 041/04/DPKD/2018 ditujukan kepada seluruh OPD, BUMN/BUMD dan seluruh kabag, agar wajib memberikan buku literatur program pembangunan daerah. Hal ini untuk melengkapi kualitas dan kuantitas bahan bacaan di DPKD,” paparnya.

Pada lomba tersebut, ada beberapa kriteria yang digunakan sebagai indikator penilaian. Diantaranya, penilaian lapangan dan penilaian admnistrasi. ”Dukungan berupa pembinaan dan bimbingan yang memadai dan berkualitas akan selalu kami tingkatkan, kedepan bukan hanya Perpustakaan Cempi Jaya tapi akan ada perpustakaan desa/kelurahan lain yang akan mengikuti jejak ini,” harapnya.

Sebelum mengikuti lomba tingkat nasional, perpustakaan ini meraih juara pertama tingkat NTB. Seleksi Lomba ini diikuti oleh 18 perpustakaan desa/kelurahan yang terpilih dari 74 ribu desa/kelurahan seluruh Indonesia. (yet/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka