Ketik disini

Tanjung

Rekonstruksi Pasar UKM Ditangani BUMN

Bagikan

TANJUNG-Dua bangunan Pasar Usaha Kecil Menengah (UKM) milik Pemkab Lombok Utara telah rata dengan tanah. Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) berencana akan mengubah desain pasar tersebut. Hal tersebut dikarenakan pelaku UKM di kedua pasar akan dijadikan satu.

“Semuanya kita satukan di Pasar UKM yang berada di Teluk Nara,” ujar Kepala Diskoperindag Fahri, belum lama ini.

Ia menuturkan, kondisi kedua pasar UKM tersebut hancur. Baik Pasar UKM di depan Pasar Tanjung maupun di Teluk Nara. Pasar UKM yang ada di depan Pasar Tanjung rencananya tidak akan digunakan lagi. Lahan tersebut akan dibangun sebuah gedung pertemuan yang juga terdapat sebuah plaza.

“Pasar UKM di sini tidak kita bangun lagi. Semua kita pindahkan ke pasar UKM di Teluk Nara,” sambungnya.

Pasar UKM di Tanjung dinilai tidak memberikan kontribusi yang signifikan. Pembeli produk UKM asal Lombok Utara tidak maksimal seperti yang diharapkan. Hal tersebut dikarenakan pasar khusus cenderamata khas Lombok Utara itu jauh dari pusat pariwisata. Hal ini yang membuat pemkab mengambil keputusan untuk memindahkan pasar UKM ke Teluk Nara.

“Sebelum gempa para pelaku UKM sudah dipindah ke Teluk Nara,” akunya.

Namun pasar UKM di Teluk Nara pun ikut runtuh karena gempa. untuk pembangunan kembali, Fahri mengaku tidak akan menggunakan desain yang sama. Akan ada perubahan desain yang tentunya mengarah pada bangunan yang tahan gempa. Ukurannya pun tidak lagi sama karena banyaknya UKM yang ditampung sudah lebih banyak.

“Pasti ada perubahan desain,” katanya.

Untuk pembangunan kembali fisik pasar UKM, Fahri mengaku jika hal tersebut menjadi ranah Dinas PUPR Lombok Utara. Sedangkan untuk pembangunan lahan pasar UKM di Tanjung, pihaknya masih belum mengkoordinasikan hal tersebut.

“Entah mau dijadikan apa, kita belum koordinasikan,” ungkpnya.

Sementara untuk rencana pembangunan gedung pertemuan dengan plaza, Fahri menyerahkan sepenuhnya pada Pemkab Lombok Utara. Sejak semua pelaku UKM dipindahkan ke pasar UKM di Teluk Nara, pemkab berniat membangunkan gedung pertemuan dan sebuah plaza. Namun dikarenakan musibah gempa bumi yang terjadi, Diskoperindag masih menunggu keputusan dari pemkab.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Lombok Utara H M Zaldy Rahardian mengatakan, pembangunan pasar UKM yang runtuh tersebut akan dilakukan pihak BUMN. Pascadiratakan dengan tanah belum lama ini, pasar tersebut rencananya dibuatkan sebagai pasar rakyat sementara. Hal tersebut dilakukan sambil menunggu pembangunan pasar rakyat permanen yang ada di depan pasar UKM tersebut.

“Kapan rencananya, hanya BUMN saja yang tahu karena aksesnya kita tidak bisa masuk ke sana,” tandasnya. (fer/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka