Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

Stok Melimpah, Harga Bawang Turun

Bagikan

MATARAM-Melimpahnya stok bawang merah di pasaran membuat harga komoditas ini turun drastis. Pantauan Lombok Post di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram, bawang merah yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram, kemarin dijual dengan harga Rp 8 ribu per kilogram.

“Stoknya banyak, jadi harganya turun sampai Rp 8 ribu per kilogram,” ungkap Sulaiha, salah seorang pedagang bawang merah kepada Lombok Post, kemarin (12/9).

Menurutnya, menurunnya harga beberapa komoditi ini disebabkan, karena melimpahnya pasokan dari para petani. Apalagi saat ini tengah memasuki panen bawang merah di sentra produksi bawang merah, terutama di Pulau Sumbawa.

Melimpahnya stok ternyata membuat Sulaiha sedikit khawatir. Sebab ia memiliki stok bawang merah yang melimpah. Sehingga, jika tidak semuanya terjual, bakal membusuk.

“Sebenarnya yang membeli cukup banyak juga, tapi stoknya yang didatangkan pengepul terlalu melimpah,” terangnya.

Terpisah, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) NTB Sabri mengaku produksi bawang merah di NTB saat ini sedang tinggi. Sehingga, otomatis membuat stok di pasaran kian melimpah.

“Tidak hanya bawang merah, stok cabai juga sangat melimpah. Hampir di semua kabupaten di NTB sedang panen besar-besaran,” jelas Sabri pada Lombok Post.

Karena melimpahnya stok bawang di pasaran, membuat banyak masyarakat yang memborong komoditi tersebut. Bahkan banyak pembeli yang mengambil bawang dalam jumlah besar berasal dari luar daerah.

Turunnya harga komoditi ini, diakui Sabri sedikit menguntungkan pedagang. Namun tidak bagi petani bawang merah. Stok yang melimpah, membuat banyak petani terpaksa menjual bawang hasil panennya dengan harga murah.

“Mereka jual di pengepul dengan kisaran harga Rp 6 ribu hingga Rp 9 ribu perkilogram,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Pasar ACC Ampenan, Kota Mataram Malwi membenarkan bahwa harga bawang merah dalam beberapa pekan terakhir menurun drastis. Tidak hanya bawang, harga cabai juga terjun bebas.

“Harga bawang dan cabai terjun bebas selama beberapa pekan,” terang Malwi pada Lombok Post.

Menurutnya, harga bawang dan cabai sangat bervariasi. Bawang merah rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 9 ribu hingga Rp 12 ribu perkilogram. Sedangkan cabai dijual dengan harga berkisar antara Rp 7 ribu hingga Rp 8 ribu perkilogram. (tea/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka