Ketik disini

Selong

Tagana Lombok Timur Bantu Robohkan Rumah Korban Gempa

Bagikan

SELONG – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lombok Timur tak membutuhkan alat berat untuk membantu warga merobohkan rumah warga yang terdampak gempa. Dengan personel berjumlah 60 orang, tali, dan mobil truk Tagana, tiang beton rumah warga roboh dibuatnya.

“Kalau minta warga (tukang, red) yang bantu, biayanya mahal. Bisa sampai Rp 5 juta,”  kata salah seorang warga Desa Pringgabaya Ahmad.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan Tagana Lotim di Desa Pringgabaya Rabu kemarin menurut Ahmad sangat membantu. Karena selama ini kondisi rumahnya sangat membahayangkan. Tidak hanya untuk dirinya yang membangun tenda di halaman rumah tersebut, tapi juga untuk rumah-rumah yang di sampingnya.

“Sekarang bisa sedikit lega melihatnya sudah dikerjakan. Apalagi tidak berbayar,” terang Ahmad.

Koordinator bakti sosial Tagana Lotim Sudaryono menerangkan yang dilakukannya tersebut merupakan kegiatan pemantapan Tagana Lotim. Kegiatan tersebut dilakukan setiap tahun guna memperkuat solidaritas para relawan Tagana. Pemantapan tahun ini pun dilakukan dengan bakti sosial.

“Ada beberapa rumah warga yang ditawarkan untuk kami bersihkan. Karena khawatir rumah tersebut membahayakan warga sekitar,” terang Sudaryono.

Satu rumah dibersihkan dari pagi sampai sore. Kata Sudaryono, menangani rumah terdampak gempa yang membahayakan bagi warga tidak selamanya membutuhkan alat berat. Hal tersebut karena letak rumah yang jika dirobohkan sembarang, bisa membahayakan rumah yang masih utuh di sampingnya.

“Karena itu kita dari pagi membongkar dulu atapnya. Kemudian kayu-kayu atap dan terakhir menjatuhkan tiang-tiang yang sudah dalam kondisi miring,” ujarnya. (tih/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka