Lombok Post
Tanjung

Pencairan Anggaran Tujuh Desa di Lombok Utara Masih Terhambat

Raden Nurjati

TANJUNG-Memasuki Mei, sudah 26 desa di Lombok Utara yang memeroses pencairan anggaran desa termin pertama. Seperti dana desa (DD), anggaran dana desa (ADD), dan bagi hasil retribusi pajak daerah (BHPRD). Bahkan sebagian dari 26 desa sudah melakukan pencairan.

Kepala BPKAD Lombok Utara Raden Nurjati mengungkapkan, dari 26 desa tersebut sudah ada yang mencairkan seluruh sumber anggaran, ada yang sebagian, dan ada yang masih diproses seluruhnya. Dari data yang diperoleh, desa yang sudah mencairkan ADD, DD dan BHPRD termin pertama yakni Desa Gondang, Desa Sokong, Desa Rempek, Desa Santong, Desa Sigar Penjalin, Desa Tanjung, Desa Selengen, Desa Kayangan, Desa Sesait, Desa Medana, Desa Loloan, dan Desa Pendua.

Sementara itu, desa yang belum masih dalam proses pencairan seluruh sumber anggaran desa termin pertama antara lain Desa Gumantar, Desa Pemenang Timur, Desa Malaka, Desa Bentek, Desa Senaru, Desa Mumbulsari dan Desa Salut.

Selain itu, desa yang baru mencairkan DD tahap pertama saja sedangkan sumber anggaran lainnya masih dalam proses antara lain Desa Pemenang Barat, Desa Gili Indah, Desa Anyar, dan Desa Akar-Akar.

Terpisah, Sekretaris Asosiasi Kepala Desa (AKAD) Lombok Utara Budiawan mengungkapkan, beberapa desa masih dalam proses pencairan disebabkan beberapa hal. Seperti proses penyusunan RAPBDes terlambat karena terlambatnya penyelesaian SPJ 2017.

Selain itu, adanya perubahan PMK tentang alokasi dana desa di beberapa desa sehingga desa diminta menyusun APBDes perubahan, sementara saat itu APBDes murni juga sedang disusun.

 Sementara tujuh desa lainnya belum berproses sama sekali. Tujuh desa itu yakni, Bayan, Teniga, Tegal Maja, Sukadana, Karang Bajo, Sambik Bangkol, dan Sambik Elen. (puj/r7)

Berita Lainnya

Tak Perlu Antre, Tiket Elektronik ke Gili Trawangan Kini Semakin Mudah

Redaksi Lombok Post

Dewan KLU Minta Program Dokter Desa Dievaluasi

Redaksi Lombok Post

KLU Cetak 17 Ribu Wirausaha Baru

Redaksi Lombok Post

Hujan Lebat, Jembatan Selengen-Gumantar Kembali Putus

Redaksi Lombok Post

Tahun ini, Dinas PUPR Lombok Utara Bangun Sumur Bor di Empat Titik

Redaksi Lombok Post

PR Kapolres Baru, Kawal Pilkada dan Konflik Lahan Gili Trawangan

Redaksi Lombok Post

Najmul Ingin Pendamping yang Paham Birokrasi

Redaksi Lombok Post

Gaji Minim, Lokasi Terpencil, CPNS Dokter di KLU Sepi Peminat

Redaksi Lombok Post

67 Warga Lombok Utara Terserang Demam Berdarah

Redaksi Lombok Post