Lombok Post
Pendidikan

Jurusan Pertanian SMKN 7 Mataram Kurang Diminati

M Zulkarnain

MATARAM-Beberapa program keahlian SMK Negeri  di Kota Mataram belum terpenuhi siswanya dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 lalu. Minimnya jumlah siswa ini tidak lepas dari program keahlian yang dibuka di sekolah. “Kita di sini program keahlian Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis Perikanan kurang peminatnya,” kata Kepala SMKN 7 Mataram M Zulkarnain, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, sekolah menjaring siswa dengan program keahlian yang lain. Untuk program keahlian dalam bidang pertanian kata Zul, jumlahnya minim. Ia menyebutkan, jumlah siswa di jurusan Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian hanya 15 orang. Menurutnya, jika ingin peminatnya cukup banyak  maka jurusan yang dibuka disesuaikan dengan keberadaan dunia usaha dunia industri (DUDI). Di wilayah sekitar sekolah banyak pertokoan. Jadi menurut Zul yang progres untuk dibuka jurusan pemasaran dan akuntansi. “Kalau menurut saya yang paling cocok di sini bidang ekonomi,” tuturnya.

Namun demikian ia tetap jalan meski siswa minim. Bergerak dibidang pertanian cukup berat. Karena di sebelah utara sekolah ada SMKPPN Mataram. Apalagi jia menyebut pertanian pasti orang hanya mengenal SMKPPN  Mataram. “Kalau pertanian pasti SMKPP, sebutnya.

Bergerak dibidang pertanian membutuhkan praktik. Harus memiliki lahan luas. Namun demikian ia mengaku fasilitas praktik di SMKPNN Mataram, terutama jurusan Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian cukup lengkap. “Kami di sini alat paktik jurusan ini cukup lengkap,” akunya.

Sementara jurusan Agribisnis Perikanan ia sudah rembuk dengan guru untuk menyewa lahan. Membuat kolam ikan sebagai tempat praktik siswa. “Hasilnya bisa untuk sekolah, sekaligus menjadi tempat praktik siswa,” tutupnya. (jay)

Berita Lainnya

Mahasiswa Hukum Unram Juara Lomba Pidato Konstitusi di Bali

Redaksi Lombok Post

Mendekati Pelaksanaan UNBK, SMPN 20 Mataram Tingkatkan Keamanan

Redaksi Lombok Post

OCBC NISP Resmikan Fasilititas Belajar dan Ruang Serbaguna

Redaksi Lombok Post

BNI Serahkan 1.000 Tabungan Simpanan Pelajar

Redaksi Lombok Post

BRI Launching Aplikasi Junio Smart di SMPN 2 Mataram

Redaksi Lombok Post

Terpilih Selenggarakan Cagar Budaya Masuk Sekolah

Redaksi Lombok Post

Santri Dilatih Gunakan IT dengan Bijak

Redaksi Lombok Post

Santri Al Ikhlas Taliwang Didorong Kuasai IT

Redaksi Lombok Post

Santri di Sumbawa Belajar IT

Redaksi Lombok Post