Lombok Post
Headline Praya

Empat Kades di Lombok Tengah Terancam Dipecat

Jalaludin

PRAYA-Sedikitnya empat kepala desa (Kades), dari 127 Kades di Lombok Tengah, diberi peringatan keras. Mereka diminta untuk mengembalikan perangkat desa yang sudah dipecat, diposisi semula, tidak boleh tidak.

“Itu wajib,” tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Loteng Jalaludin, Rabu (6/3). Peringatan tersebut, lanjutnya dilayangkan tiga kali. Bentuknya, bersifat tertulis dan ditandatangani langsung Bupati HM Suhaili FT.

 Ke empat desa yang dimaksud yaitu, Desa Ungga, Desa Pelambik dan Desa Kabul di Kecamatan Praya Barat Daya. Kemudian, Desa Pengembur di Kecamatan Pujut. Jika peringatan  itu tidak diindahkan, ancam Jalaludin maka empat Kades bersangkutan akan menerima konsekuensi.

Pertama, ancamnya lagi bupati bisa saja mengeluarkan surat pemberhentian sementara. Kedua, pemberhentian tetap dan tidak terhormat. Ketiga, menunjuk Plt Kades. Kewenangan tersebut, tertuang dalam pasal 9 Permendagri Nomor 83 Tahun 2015. Diperkuat kembali di PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014.

“Jadi, kita tunggu saja, sikap empat Kades tersebut,” cetus Jalaludin. Intinya, tambahnya setiap penyelenggaraan aparatur pemerintah desa, wajib mematuhi aturan yang berlaku. Khususnya, menyangkut pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

 Ia tidak ingin, desa-desa yang lain melakukan hal yang sama. Jika berani, maka bersiap-siap saja. “Masalah di tiga desa di Praya Barat Daya itu terjadi, karena tidak berjalannya roda pemerintahan kecamatan,” sambung Dewan Penasehat Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Loteng Hasan Masat, terpisah.

Untuk itulah, pihaknya setuju kalau permasalahan yang satu itu, diambil alih bupati. “Sekarang tergantung bupati, mau tegas atau tidak,” ujarnya.(dss/r2)

Berita Lainnya

Berbenah Setelah Kejahatan Terbongkar

Redaksi Lombok Post

Jokowi Janjikan Kejutan di Pengumuman Menteri

Redaksi Lombok Post

Hutan Rinjani Terbakar, Pendakian Ditutup

Redaksi Lombok Post

Kecanduan Mabok Bikin Goblok, Terdorong Nyolong demi Minuman Keras

Redaksi Lombok Post

TGB Mendapat Pengakuan Dunia, Terima Penghargaan dari Al-Azhar

Redaksi Lombok Post

Pemprov NTB Cari 414 CPNS

Redaksi Lombok Post

Syafrudin Perjuangkan 52 BTS Baru Dibangun di NTB

Redaksi Lombok Post

Gubernur Harus Turun Tangan Evaluasi Pengelolaan TPA Kebon Kongok

Redaksi Lombok Post

Pengamen Gomong Bacok Tukang Parkir

Redaksi Lombok Post