Lombok Post
Metropolis

Baru 895 CJH Lunasi Ongkos Haji

Masih Didominasi Lansia

H Nasruddin

MATARAM-Dibuka sudah empat hari, baru 895 calon jamaah haji asal NTB yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Sebagian besar jamaah haji yang melunasi berasal dari Lombok Timur.

“Sejauh ini semuanya berjalan lancar sesuai rencana,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag NTB H Nasruddin, kemarin (21/3).

Dia mengatakan, tahun ini, total ada 4.476 jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci, di luar petugas haji.

Para jamaah akan diterbangkan dalam 10 kelompok penerbangan melalui Lombok International Airport (LIA) menuju Arab Saudi. Dia memastikan, pihaknya akan berupaya meningkatkan pelayanan bagi CJH.

Ia ingin menekan birokrasi yang berbelit-belit. Mulai dengan mempercepat pembuatan visa, proses pemberangkatan lebih mudah, pemeriksaan berkas jamaah di Asrama Haji NTB yang lebih gampang, hingga pelayanan kesehatan dibuat lebih ramah.

Nasruddin menyebutkan, CJH tahun ini tetap didominasi kaum lanjut usia (Lansia). Selain karena faktor tunggu yang cukup lama yakni 29 tahun, ada juga beberapa orang yang daftar tapi sudah tua.

Namun, dengan sistem zonasi di Arab Saudi akan sangat membantu. Dimana CJH akan tinggal berkumpul di satu lokasi dengan jamaah dari daerah asal.

“Ini memudahkan jamaah berkomunikasi dengan sesama,” katanya.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag NTB H Ali Fikri menambahkan, jamaah yang sudah melakukan rekam biometrik sebanyak 193 orang, semuanya dari Kota Mataram.

Minggu ini rekam biometrik masih di kantor ORC VFS TASHEEL yang ada di Kantor Pos. Namun mulai tanggal 25 Maret, rekam biometrik CJH akan dilakukan di Asrama Haji di Lingkar Selatan, Kota Mataram.

“Akan dikirimkan dua unit perangkat biometrik lagi,” kata Ali Fikri. Pemindahan untuk memastikan proses perekaman bisa dilakukan di tempat yang lebih representatif. (ili/r8)

Berita Lainnya

Warga Sekarbela Sumbang Rp 162,5 Juta untuk Palestina

Redaksi Lombok Post

Rayuan Maut Calo Tipu Para TKI

Redaksi Lombok Post

Event MotoGP Mandalika Bisa Sedot 200 Ribu Penonton

Redaksi Lombok Post

Bertaruh Nyawa di Lubang PETI

Redaksi Lombok Post

Kaum Disabilitas NTB Minta Pemerintah Serius

Redaksi Lombok Post

1.228 Orang Terancam Kehilangan Jabatan

Redaksi Lombok Post

Astaga, Enam TKI Asal NTB Diduga Jadi Korban TPPO

Redaksi Lombok Post

Balai TNGR Batasi Jumlah Pendaki Rinjani

Redaksi Lombok Post

Paradigma Penanganan Bencana Harus Diubah

Redaksi Lombok Post