Lombok Post
Giri Menang

Unram Berpeluang Pindah ke Lobar

BELUM ADA KEJELASAN: Plang salah satu perguruan tinggi akan dibangun di wilayah Gerung dekat Kantor Bupati Lobar. Namun hingga saat ini belum ada realisasinya.

GIRI MENANG-Rencana Gubernur NTB untuk memindahkan Universitas Mataram (Unram) ke Lombok Barat (Lobar), Lombok Timur atau Lombok Utara disambut hangat Pemkab Lobar. Pemkab memberi lampu hijau agar Universitas ternama di NTB tersebut bisa berdiri di Lobar.

“Unram besok dibangun di Lombok Barat,” klaim Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lobar Lalu Winengan, akhir pekan lalu.

Ini ditegaskan Winenang bukan hanya sekadar wacana. Karena pihak Pemkab Lobar akan bertemu langsung dengan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti) untuk merampungkan rencana pemindahan ini. Sehingga, melalui pertemuan ini diharapkan pembangunan Unram di Lobar tidak hanya sekadar wacana saja. Tetapi bisa benar-benar direalisasikan pemindahannya di Gumi Patut Patuh Patju. “Di seputar Gerung (dibangun). Kepastian itu hanya milik Allah,” jawabnya ketika ditanya apakah itu sudah pasti atau tidak.

Pernyataan Winengan, Unram akan dibangun di Lobar sekaligus menjawab kritik dewan yang menilai pembangunan di Lobar stagnan. Karena tidak ada pembangunan yang dianggap visioner untuk kemajuan Lobar. Tidak seperti di daerah lain misalnya di Lombok Tengah yang memiliki Kuta Mandalika, sirkuit MotoGP yang akan dibangun di 2021 hingga Poltekpar. Lobar dianggap miskin pembangunan salah satunya karena tidak memiliki universitas.

Namun Winengan juga justru menyerang balik anggota dewan dengan menanyakan hasil kinerja mereka untuk Lobar. “Apa hasilnya mereka studi banding dan kunjungan kerja ke Jakarta. Apa kerjaannya kan setiap saat kunjungan ke Jakarta?,” tanyanya.

Ia meminta baik eksekutif dan legislatif harusnya bersama-sama proaktif. Bukan saling menyalahkan namun tidak memberikan solusi. “Masa dia kunjungan kerja hanya main-main. Hanya membawa Perda saja. Jangan sampai hanya bisa kritik tidak ada solusi. Itu menunjukkan tidak ada kemampuan kita,” kritiknya.

Sementara Sekda Lobar HM Taufiq menegaskan Pemkab Lobar siap menangkap peluang pemindahan Unram ke Lobar. Meskipun ia belum pernah bertemu langsung dengan Gubernur NTB untuk membahas ini. Hanya mendapatkan informasi melalui media. “Jika memang ditempatkan di Lobar kami siap menangkap peluang itu,” ucapnya.

Namun terkait Pemda harus menyediakan lahan minimal 250 hektare, maka Pemda menurutnya tentu membutuhkan waktu. Tidak bisa langsung selesai tahun ini. “Untuk jangka panjangnya itu bagus jadi wacana pembahasan. Cuma tidak bisa kita menangkap itu kalau lahannya harus diminta clean and clear 2019,” tandasnya. (ton/r8)

Berita Lainnya

Dewan Jangan Jadi Calo Jabatan!

Redaksi Lombok Post

Sri Wahyuni TKW Asal Lembar Selatan Akhirnya Pulang

Redaksi Lombok Post

Lalu Zulfikar Ali Sorot Perekrutan Pegawai PLTU Jeranjang

Redaksi Lombok Post

Lalu Ahmad Ismail: Pertambangan dan Pariwisata Bisa Beriringan

Redaksi Lombok Post

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi!

Redaksi LombokPost

Satu Sapi dan Tiga Kambing Tak Layak Sembelih

Redaksi LombokPost

Senggigi Butuh Jualan Baru!

Redaksi LombokPost

Farin Langsung Bidik Kursi Bupati

Redaksi LombokPost

Aparat Diminta Usut Perjalanan Dinas Dewan Lobar

Redaksi LombokPost