Lombok Post
Giri Menang Headline

Kotak Suara Rusak Terkena Air Hujan

Jelang Pemilu 2019

TAK BISA DIPAKAI: Beginilah kondisi tiga kotak suara yang rusak akibat terkena hujan saat disimpan di Gedung Kantor Camat Batulayar yang masih rusak terdampak gempa, kemarin

GIRI MENANG-Apa yang menjadi kekhawatiran masyarakat akan gangguan pelaksanaan Pemilu di Lombok Barat (Lobar) terjadi. Kota suara yang terbuat dari bahan kardus rusak akibat terkena air. Tiga kotak suara yang disimpan di Kantor Camat Batulayar kemarin (15/4) rusak tak bisa digunakan setelah terendam air di tempat penyimpanannya.

“Sore kemarin sampai malam hujan cukup lama. Sementara bangunannya memang masih rusak akibat terdampak gempa. Itu yang mungkin membuat air merembes,” ujar Hj Hafsah salah seorang staf di Kantor Camat Batulayar.

Beruntung, hujan tidak terlalu deras. Sehingga tak banyak air yang masuk ke tempat penyimpanan. Namun tiga kotak suara yang terkena air kondisinya sudah tidak bisa terselamatkan. Bahan kardus membuat kotak suara tersebut melembek hingga hancur di bagian penutupnya.

Menerima laporan ada kerusakan kotak suara yang rusak, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lobar langsung bertindak. Mereka bergerak ke gudang penyimpanan di Kantor Camat Batulayar memastikan kondisi kotak suara tersebut.

“Memang kotak suaranya rusak dan template DPD RI berupa map. Kalau untuk surat suaranya aman tidak ada yang rusak,” ungkap Komisioner Divisi Hukum Amrullah yang datang mewakili komisioner lainnya.

Tempat penyimpanan kotak suara memang kurang mendukung. Karena hampir semua ruangan di Kantor Camat Batulayar berpotensi dimasuki air akibat bagian gedung yang rusak parah akibat gempa. Mulai dari dinding yang retak hingga bagian atap yang roboh. Ini memungkinkan air masuk ke dalam semua sisi gedung penyimpanan.

Dengan kondisi ini, pihak KPU akhirnya memindahkan kotak suara yang semula di dalam gedung ke beranda depan kantor camat. Karena area ini satu-satunya menjadi lokasi yang aman dari hujan.

Pantauan Lombok Post, kotak surat suara yang disimpan di beranda kantor camat ini dijaga ketat oleh aparat TNI-POLRI hingga PPK Batulayar.

“Kotak suaranya yang rusak juga sudah kami ganti dengan cadangan. Sementara yang rusak sudah kami bawa ke Kantor KPU Lobar. Alhamdulillah sejauh ini baru tiga saja yang rusak. Belum ada laporan yang lain,” jelas Amrullah. (ton/r5)

Berita Lainnya

Hitung Mundur, 24 Bulan Menuju MotoGP

Redaksi Lombok Post

Sembilan Produk Rucika Raih Green Label Indonesia

Redaksi Lombok Post

Tipu TKI, Oknum Pegawai Disnakertrans Lotim Hilang

Redaksi Lombok Post

Event MotoGP Mandalika Bisa Sedot 200 Ribu Penonton

Redaksi Lombok Post

Bertaruh Nyawa di Lubang PETI

Redaksi Lombok Post

Pemdes Senggigi Anggarkan Rp 3 Miliar untuk Bangun Kantor Desa yang Rusak Karena Gempa

Redaksi Lombok Post

Balai TNGR Batasi Jumlah Pendaki Rinjani

Redaksi Lombok Post

11 Pengedar Narkoba Antar-Kabupaten Dibui

Redaksi Lombok Post

Puting Beliung Rusak Tiga Rumah di Sambelia

Redaksi Lombok Post