Lombok Post
NASIONAL

Naruhito Resmi Duduki Takhta Krisan

Japan's Emperor Naruhito, Empress Masako, Crown Prince Akishino and Crown Princess Kiko attend a ritual called Kenji-to-Shokei-no-gi, a ceremony for inheriting the imperial regalia and seals, at the Imperial Palace in Tokyo, Japan May 1, 2019, in this photo released by Kyodo. Mandatory credit Kyodo/via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN JAPAN.

JEPANG–Takhta Krisan itu memiliki penguasa baru. Kemarin (1/5) Naruhito resmi dilantik sebagai kaisar Jepang ke-126. Upacara pelantikan digelar di ruang Matsu-no-Ma Istana Kekaisaran, Tokyo. Upacara tersebut hanya dihadiri oleh keluarga dan para petinggi laki-laki yang sudah dewasa.

Upacara transisi dari Akihito ke Naruhito itu hanyalah formalitas saja. Sejatinya dia sudah resmi menjadi kaisar kemarin dini hari bersamaan dengan pergantian era dari Heisei ke Reiwa. Ini adalah penyerahan kekuasaan pertama sejak 202 tahun terakhir. Terakhir kali kaisar Jepang turun takhta adalah Kaisar Kokaku pada 1817 lalu.

Foto-foto upacara itu menjadi bahan perbincangan bagi para pengamat. Sebab, itu menunjukkan keturunan keluarga kerajaan yang kian sedikit dan menua.

Di Jepang, perempuan dilarang bertakhta. Keluarga kerajaan perempuan yang menikah dengan orang biasa juga langsung dicoret. Jika dia melahirkan bayi laki-laki, keturunannya tetap tak bisa berTakhta. Karena itulah pewaris Takhta sangat terbatas.

Kaisar Naruhito juga tak bisa mewariskan takhta ke keturunannya. Sebab dia hanya punya satu anak perempuan, putri Aiko. (sha/JPG/r6)

Berita Lainnya

Penyeberangan Terancam Kolaps, Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan

Redaksi Lombok Post

Pastikan Ujian Nasional Dihapus

Redaksi Lombok Post

Amandemen UUD 1945 Harus Sesuai Kehendak Rakyat

Redaksi Lombok Post

Ujian Lagi untuk KPK, Sofyan Basir Bebas

Redaksi Lombok Post

Daftar CPNS Mulai 11 November

Redaksi Lombok Post

Menteri Harus Loyal ke Presiden

Redaksi Lombok Post

Kerja Lambat, Menteri Dipecat

Redaksi Lombok Post

Jokowi Janjikan Kejutan di Pengumuman Menteri

Redaksi Lombok Post

Delapan Hari, Polisi Tangkap 40 Terduga Teroris

Redaksi Lombok Post