Lombok Post
NASIONAL

Proses Visa Dimulai, Kemenag Kumpulan Paspor Jamaah

JAKARTA-Persiapan penyelenggaraan ibadah haji terus bergulir. Kini memasuki masa pengajuan visa haji ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhadjirin Yanis menuturkan mulai pekan ini Kemenag pusat menerima kiriman paspor calon jamaah haji (CJH).

Muhadjirin menuturkan pengiriman paspor CJH secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten dan kota. Kemudian dikumpulkan di tingkat kantor wilayah Kemenag provinsi. Lalu baru dikirim ke Kemenag pusat di Jakarta.

“Paspor kan kita sudah siap,” katanya di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta kemarin (1/5).

Muhadjirin bersyukur pemerintah Saudi merevisi aturan perekaman biometrik CJH. Dari yang sebelumnya menjadi syarat pengajuan visa kemudian tidak menjadi syarat. Sehingga proses pemberkasan atau pengajuan visa di Kedutaan Besar Arab Saudi bisa lebih cepat.

Lantas kapan target penuntasan visa haji tersebut? “Selama Ramadan kita akan terus bekerja,” tandasnya. Kemenag memasang target, visa bisa tuntas secepatnya. Khususnya untuk kloter-kloter awal pemberangkatan. Dia mengatakan pengajuan visa haji tidak bisa sekaligus. Sehingga proses pengajuan visa perlu didahulukan kloter yang berangkat lebih awal.

Kemenag berharap seluruh CJH tidak menghadapi keterlambatan visa. Sehingga CJH bisa terbang menuju Madinah atau Makkah sesuai dengan jadwalnya. “Kita harapkan tidak ada lagi nanti orang yang akan berangkat tapi visanya belum ada,” jelasnya.

Muhadjirin menuturkan kloter-kloter awal pemberangkatan ada di beberapa Embarkasi. Termasuk Embarkasi Jakarta (CGK) yang terdiri dari jamaah asal Provinsi Jakarta, Banten, dan Lampung. Muhadjirin menuturkan CJH mulai masuk asrama haji tanggal 6 Juli. Kemudian diterbangkan ke Madinah pada 7 Juli.

Penerbangan terakhir CJH menuju Saudi dilaksanakan pada 5 Agustus. Puncak haji yakni wukuf di Arafah digelar pada 10 Agustus. Lantas awal pemulangan CJH ke tanah air dimulai 17 Agustus. Kemudian pemulangan paling akhir dari Madinah menuju tanah air pada 15 September. (wan/JPG/r6)

Berita Lainnya

Penyeberangan Terancam Kolaps, Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan

Redaksi Lombok Post

Pastikan Ujian Nasional Dihapus

Redaksi Lombok Post

Amandemen UUD 1945 Harus Sesuai Kehendak Rakyat

Redaksi Lombok Post

Ujian Lagi untuk KPK, Sofyan Basir Bebas

Redaksi Lombok Post

Daftar CPNS Mulai 11 November

Redaksi Lombok Post

Menteri Harus Loyal ke Presiden

Redaksi Lombok Post

Kerja Lambat, Menteri Dipecat

Redaksi Lombok Post

Jokowi Janjikan Kejutan di Pengumuman Menteri

Redaksi Lombok Post

Delapan Hari, Polisi Tangkap 40 Terduga Teroris

Redaksi Lombok Post