Lombok Post
Praya

Pleno Berakhir, TNI/Polri Tetap Siaga

KERJA SAMA: Para pasukan Kodim 1620 dan personel Polres Lombok Tengah, bersinergi menjaga dan mengawal kotak suara hasil rapat pleno KPU, Sabtu (11/5).

PRAYA-Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah, usai sudah. Kotak suara yang berisikan dokumen hasil pleno, baik Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten di bawa ke provinsi pukul 14.42 Wita, Sabtu (11/5). ”Jika masih ada keberatan atas hasil pleno, dipersilakan ajukan laporan,” saran pimpinan sidang rapat pleno, yang juga Ketua Divisi Logistik KPU Loteng Lukmanul Hakim.

Laporan, bisa dilayangkan ke Bawaslu, bahkan ke MK. Kotak suara hasil pleno dijaga ketat pasukan Kodim dan Polres. Dandim 1620/Loteng Letkol CZI Prastiwanto dan Kapolres Loteng AKBP Budi Santosa ikut mendampingi. ”Untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan, kami mengerahkan kekuatan penuh,” cetus Budi.

Ada 550 personel kepolisian yang siaga di beberapa titik, 400 diantaranya, di lokasi rapat pleno. Sisanya tersebar di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut dan wilayah Praya. Para personel di datangkan dari Polres Loteng, Polda NTB, hingga Polres Lombok Barat dan Polres Kabupaten Sumbawa. Itu masih ditambah bantuan pasukan Kodim.

Pascapleno, Polres tetap menyiagakan personelnya di eks Gedung DPRD Loteng. Mereka kini fokus menjaga logistik Pemilu yang masih tersimpan di beberapa ruangan.

Pihak kepolisian juga sudah memasang pagar betis untuk menjaga lokasi. Bahkan, Kodim menurunkan pasukan tim khusus (Timsus). ”Rapat pleno kita ini terlalu molor, dari jadwal tiga hari 5-7 Mei lalu, mundur hingga Sabtu (11/5),” sambung Ketua Divisi Pencegahan Bawaslu Loteng Usman Faesal.

Awalnya, Bawaslu ingin mengeluarkan rekomendasi agar pleno dihentikan, lalu diambil alih KPU provinsi. Untungnya, hal itu tidak terjadi, setelah seluruh saksi partai politik akhirnya sama-sama menyetujui hasil pleno. “Terima kasih atas kerja samanya,” seru Usman. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost