Lombok Post
NTB

Tiongkok Makin Lengket dengan NTB, Bangun Kerja Sama Antar Provinsi

KERJA SAMA: Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah menerima cindra mata dari Sekjen Asosiasi Masyarakat Ningxia He Yujiang (kanan) saat berkunjung ke NTB, kemarin.

MATARAM-Kunjungan dari negara-negara sahabat datang silih berganti. Setelah Uskup Mons. Ariel Torrado Mosconi asal Argentina. Kemarin, delegasi Pemerintah Provinsi Ningxia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) berkunjung ke NTB. Mereka juga membangun komunikasi untuk menjajaki kemungkinan kerja sama.

Para delegasi tersebut diterima Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, bersama beberapa kepala OPD Pemprov NTB. Mereka tergabung dalam Asosiasi Masyarakat Ningxia untuk Persahabatan dengan Negara-negara Asing. Kedatangannya bertujuan mempererat kerja sama dan promosi dalam berbagai bidang.

Wagub Rohmi menyambut baik kedatangan degelasi dari Tiongkok tersebut. Dia berharap kehadiran mereka membawa kebaikan bagi kedua belah pihak. Sebelumnya kerja sama antara NTB dan Ningxia pada zaman TGB juga pernah terjalin. ”Hubungan yang sudah terjalin baik itu bisa dilanjutkan dan menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Dalam pertemuan itu, mereka menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerja sama, salah satunya bidang pariwisata dan produk halal. Di Provinsi Ningxia terdapat banyak warga muslim, sehingga kerja sama itu sangat memungkinkan. ”Kami meminta ke depannya warga Ningxia jika berkunjung ke Indonesia, datangnya ke NTB dulu,” ujar Rohmi.

Bidang pendidikan juga salah satu yang dibahas. Provinsi Ningxia punya 14 perguruan tinggi dan enam diantaranya merupakan kampus yang unggul. Demikian juga bidang investasi, NTB yang surplus beras, jagung dan lain sebagainya akan mengundang investor dari Tiongkok untuk mengolahnya. ”Ini peluang,” katanya.

Sementara, Sekjen Asosiasi Masyarakat Ningxia untuk Persahabatan dengan Negara-negara Asing He Yujiang menyatakan, rasa terima kasihnya kepada Pemprov NTB. Menurutnya Indonesia adalah negeri yang indah dan layak dikunjungi. Mereka siap untuk memperkuat hubungan kerja sama dengan NTB.

Dalam kunjungan tersebut, He Yujiang bersama rombongan, antara lain Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Wu Yu Cai, Ketua Komisi Urusan Etnis, Agama, Luar Negeri Rakyat Yang Yong, Wakil Direktur Jenderal Departemen SDM dan Jaminan Sosial Zang Jian Rul, Wakil Dirjen Kantor Urusan Luar Negeri Xiaoguang, dan Anggota Staf Kepala Sekolah Kantor Perencanaan Kongres Rakyat Ningxia Chen Shiqi.

Para Delegasi juga mengundang langsung Pemprov NTB untuk hadir pada event China Expo yang akan digelar September 2019 mendatang. ”Kami mengundang untuk datang sebagai perwakilan dari Indonesia,” ujar He Yujiang. (ili)

Berita Lainnya

BCA Gelar Operasi Katarak di RSI Yatofa

Redaksi Lombok Post

Masuki Pensiun, PNS Dibekali Kewirausahaan

Redaksi Lombok Post

Peringati Harhubnas, Amman Mineral dan KUPP Benete Lakukan Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Karantina Mataram Musnahkan Bibit Kubis Berbakteri Asal Amerika

Redaksi LombokPost

Warga Sekotong Harus Hati-hati! Ikan dan Beras Terindikasi Terpapar Merkuri

Redaksi LombokPost

Pemprov Masih Konsultasi

Redaksi LombokPost

Dewan Usulkan Bentuk Pansus

Redaksi LombokPost

Rastra untuk NTB Akan Dihapus

Redaksi LombokPost