Lombok Post
Praya

KPU Tak Gentar Hadapi Gugatan

POTRET PEMILU: Suasana pemasangan segel kotak suara hasil pleno KPU Lombok Tengah, sesaat sebelum dikirim ke KPU NTB, Sabtu (11/5) lalu.

PRAYA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah memastikan siap menghadapi gugatan dari peserta pemilu. Khususnya, mereka yang merasa tidak puas dengan hasil perolehan calon legislatif ataupun suara partai. ”Kami sudah mendengar informasi soal itu, mereka dari caleg kabupaten dan provinsi,” kata Ketua Pelaksana Harian (Plh) KPU Loteng Lukmanul Hakim pada Lombok Post, kemarin (17/5).

KPU Loteng tegasnya, sudah menyiapkan dokumen-dokumen, yang sekiranya akan dibutuhkan jika ada gugatan hukum. Sebut saja, data C1 tingkat KPPS, data C1 Plano, hingga data hasil pleno KPU. Jika sampai membuka kotak suara, KPU juga siap.

KPU diklaim sudah menjalankan tugas dan fungsinya, sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2019. Ketua Divisi Logistik KPU tersebut menjelaskan, gugatan bisa bersifat perseorangan dari caleg, namun harus melalui persetujuan partai, dan atau partai secara langsung. ”Untuk sengketa proses di Bawaslu, sedangkan sengketa hasil di MK,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Loteng Suhaimi menilai, peluang memenangkan gugatan dari beberapa caleg besar. Itu karena, mereka memegang data valid semisal salinan C1.

Melalui data tersebut, diharap mampu menjawab dugaan kecurangan yang terjadi. Baik yang diduga dilakukan KPPS, PPK hingga setingkat KPU. Bahkan, internal parpol masing-masing. ”Saya setiap hari hadir di pleno KPU, jadi saya tahu indikasi permainan,” sindirnya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost