Lombok Post
NTB

CPNS dan PPPK Juga Gigit Jari

H Zainul Islam

MATARAM-Uang tunjangan hari raya (THR) Rp 59 miliar bagi PNS Pemprov NTB cair. Dana itu sudah ditransfer ke rekening masing-masing pegawai, sejak kemarin. Gaji ke-14 tersebut diharapkan dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan selama Lebaran. ”Sudah kami transfer dan tidak ada persoalan,” kata Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB H Zainul Islam, kemarin (24/5).

Semua persyaratan pencairan THR menurutnya tidak ada perosoalan. Dana hingga peraturan gubernur (pergub) sudah selesai. Diharapkan, hal yang sama juga dilakukan pemda kebupaten/kota. Tujuannya agar uang  tersebut segera dibelanjakan pegawai untuk kebutuhan Lebaran.

Beberapa kabupaten/kota sekarang masih pada tahap pengusulan peraturan kepala daerah. Meski lebih telat dari target pusat 24 Mei, namun hal itu tidak masalah. Karena dalam ketentuannya, THR paling cepat disalurkan 10 hari sebelum Lebaran. Mereka bisa lebih dari itu, lima hari sebelum lebaran juga bisa. ”Tinggal dua tiga hari lebaran tidak apa-apa,” ujarnya.

Masing-masing PNS mendapat THR bermacam-macam, tergantung pangkat dan golongan. Sementara bagi honorer, CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun ini belum bisa mendapatkan THR. ”CPNS belum bisa menerima karena belum dianggap mulai kerja,” katanya.

 Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB H Fathurrahman menyenbutkan, jumlah CPNS yang diterima pemprov tahun ini 380 orang, kemudian PPPK sebanyak 223 orang. Kemudian jumlah honorer mencapai 100 orang lebih. Terkait THR dia menyerahkan sepenuhnya ke BPKAD. Setelah mendapat THR, para pegawai bisa meningkatkan kinerja dan tidak malas-malasan hingga lebaran nanti. (ili/r5)

Berita Lainnya

BCA Gelar Operasi Katarak di RSI Yatofa

Redaksi Lombok Post

Masuki Pensiun, PNS Dibekali Kewirausahaan

Redaksi Lombok Post

Peringati Harhubnas, Amman Mineral dan KUPP Benete Lakukan Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Karantina Mataram Musnahkan Bibit Kubis Berbakteri Asal Amerika

Redaksi LombokPost

Warga Sekotong Harus Hati-hati! Ikan dan Beras Terindikasi Terpapar Merkuri

Redaksi LombokPost

Pemprov Masih Konsultasi

Redaksi LombokPost

Dewan Usulkan Bentuk Pansus

Redaksi LombokPost

Rastra untuk NTB Akan Dihapus

Redaksi LombokPost