Lombok Post
NTB

Inspektorat Mataram Bentuk Tim Pendamping

Lalu Alwan Basri

MATARAM-Anggaran dana kelurahan sudah ada di Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram. Jumlahnya mencapai Rp 9 miliar. Dana yang cukup besar ini akan dibagi ke 50 kelurahan di Kota Mataram.

Inspektur Kota Mataram Lalu Alwan Basri menegaskan, pihaknya telah membentuk tim irban dalam rangka pengawasan penggunaan anggaran dana kelurahan. Ada 3 tim yang dibentuk. Masing-masing satu tim berjumlah 15 orang.

“Semuanya berasal dari pegawai Inspektorat dan sudah kami terjunkan untuk pendampingan,” jelasnya, kemarin (24/5).

Pemerintah pusat memberikan deadline penggunaan dana kelurahan sampai awal Agustus. Karena, pada minggu ke dua Agustus, penggunaan dana kelurahan sudah harus dipertanggungjawabkan kelurahan.

Sehingga, semua program yang dijalankan pada pencairan tahap pertama harus selesai. “Semua program harus berpedoman pada muskel itu,” ujarnya.

Fungsi tim irban sebagai pendorong agar setiap proyek pengerjaan bisa rampung. Sehingga lurah bisa menerima kembali pencairan dana kelurahan tahap kedua.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan lurah harus bisa membedakan mana paket pekerjaan yang bersumber dari APBD dan dana kelurahan. Agar tidak dobel pembiayaan yang berujung pada temuan-temuan.

Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi mengingatkan, semua penggunaan anggaran dari berbagai sumber pembiayaan harus dilaksanakan dengan mengedepankan akuntabilitas. Apalagi, sudah ada tim irban dari isspektorat. Sehingga harus intensif berkonsultasi, koordinasi dan komunikasi supaya dalam pengerjaan paket proyek, sejalan dengan aturan.

“Lurah juga harus mengedepankan azas kehati-hatian, azas ketepatan sasaran, azas capaian kualitas kinerja, dengan ini kita berharap tidak ada satupun temuan,” pungkasnya. (yun/r5)

Berita Lainnya

BCA Gelar Operasi Katarak di RSI Yatofa

Redaksi Lombok Post

Masuki Pensiun, PNS Dibekali Kewirausahaan

Redaksi Lombok Post

Peringati Harhubnas, Amman Mineral dan KUPP Benete Lakukan Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Karantina Mataram Musnahkan Bibit Kubis Berbakteri Asal Amerika

Redaksi LombokPost

Warga Sekotong Harus Hati-hati! Ikan dan Beras Terindikasi Terpapar Merkuri

Redaksi LombokPost

Pemprov Masih Konsultasi

Redaksi LombokPost

Dewan Usulkan Bentuk Pansus

Redaksi LombokPost

Rastra untuk NTB Akan Dihapus

Redaksi LombokPost