Lombok Post
Headline Selong

Arus Balik Lebaran 2019, Antrean Panjang di Kayangan dan Poto Tano

LENGANG: Sejumlah calon penumpang terlihat sedang memasuki kapal di dermaga 2 Pelabuhan Kayangan, Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Sabtu (8/6).

SELONG-Berbeda dengan arus mudik, di arus balik libur Lebaran, penumpang kapal di Pelabuhan Kayangan dan Poto Tano melonjak signifikan. Akibatnya terjadi stagnasi yang memakan waktu sekitar setengah sampai satu jam.

Kemarin (9/6), General Manager ASDP Kayangan M Yasin membenarkan adanya stagnasi atau antrean panjang yang disebabkan oleh lonjakan penumpang. “Kalau arus mudik memiliki waktu yang panjang secara berangsur-angsur. Sedangkan arus balik ini terfokus memilih hari ini,” kata Yasin.

Antrean tak hanya terjadi di Pelabuhan Kayangan, tetapi juga di pelabuhan Poto Tano. Jumlah penumpang yang kembali dari Pulau Sumbawa ke Lombok juga signifikan. Karena lonjakan tersebut, kata Yasin, pihaknya tidak bisa menghindari adanya stagnasi.

Meski demikian, persiapan dermaga baik di Poto Tano ataupun Kayangan dikatakan masih prima. Dengan sepuluh kapal yang ada saat ini, lima kapal tambahan akan segera diturunkan. “Jika dibutuhkan, kita sudah siap turunkan lima kapal lagi,” jelasnya.

Antrean dikatakan tidak memakan waktu terlalu lama sampai melebihi dua sampai tiga jam. Hal itu dilakukan dengan mengoptimalkan waktu bongkar muat penumpang. Kata Yasin, maksimal 45 menit kapal sudah menurunkan dan bisa terisi. Saat ini, aktivitas bongkar muat masih normal dan prima dengan rentang waktu 25-45 menit.

Selain mengusahakan percepatan, Yasin juga berharap para penumpang bersabar dan memahami kondisi. Stagnasi tak bisa dihindari. Karena itu, kedisiplinan penumpang khususnya pengendara sangat diharapkan.

Pantauan koran ini, pada Jumat (7/6) sampai Sabtu (8/6) lalu, kondisi Pelabuhan Kayangan masih sangat normal. Di hari Jumat, jumlah penumpang bahkan sepi atau kurang dari hari-hari biasa. “Kenaikan mulai terjadi di hari Sabtu. Tapi tidak sebanyak hari Minggu ini,” terangnya.

Manager Usaha ASDP Kayangan Zainal memastikan kondisi yang aman dan terkendali. Selain itu, ia juga memastikan kondisi cuaca yang masih aman. Sesuai dengan informasi dari BMKG yang mengatakan kondisi cuaca dalam dua minggu dari H-4 Lebaran Idul Fitri.  “Semoga tetap baik seperti ini,” kata Zainal. (tih/r5)

Berita Lainnya

Honda Awali 2020 Dengan Edukasi Keselamatan Berkendara

Redaksi Lombok Post

Ruslan Turmuzi : Pembangunan Kereta Gantung Bukan Skala Prioritas

Redaksi Lombok Post

Ikut Pilkada 2020, Selly dan Saswadi Akan Dimutasi

Redaksi Lombok Post

Kelompok Pecinta Alam Tolak Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Redaksi Lombok Post

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

Redaksi Lombok Post

All New Honda BeAT Series dengan Berlimpah Teknologi Baru

Redaksi Lombok Post