Lombok Post
Praya

Sah, AirAsia Beroperasi di LIA

BARU TIBA: Inilah pesawat AirAsia sesaat tiba di LIA, Minggu malam (9/7).

PRAYA-Pesawat AirAsia QZ471 dari Perth Australia mendarat di Lombok International Airport (LIA), Minggu malam (9/7) kemarin. Tiba pukul 23.12 Wita, pesawat mengangkut 167 penumpang. ”Ini penerbangan perdana,” kata Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I (AP) LIA Nyoman Siang pada Lombok Post, kemarin (10/7).

Ya, kedatangan pesawat malam itu menjadi penanda dimulainya sejumlah rute AirAsia dari dan menuju Lombok. Dengannya, Lombok dijadikan Hub, atau stasiun penghubung ke lima di Indonesia oleh maskapai tersebut. Saat ini, jenis pesawat yang melayani rute yang telah dibuka adalah Airbus A320, narrow body.

Kedatangan para penumpang malam itu disambut gendang beleq dan pengalungan kain songket. Dijelaskan Nyoman, jadwal penerbangannya empat kali sepekan, dari dan tujuan Perth, Kuala Lumpur, Jogjakarta, dan Bali. ”Prinsipnya, otoritas bandara siap memberikan pelayanan prima,” tegasnya.

Kini bandara sudah beroperasi 24 jam setiap harinya. Itu sebagaimana surat keputusan PT AP I Nomor AP.1.780/OB.01.01/2019/GM.LOP.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng HL Muhammad Putrie mengatakan, dengannya tinggal menanti kolaborasi lanjutan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. Pariwisata diyakini menjadi daya tarik dan daya pikat wisatawan dari negeri Kanguru, hingga Malaysia untuk terus berdatangan. ”Insya Allah, setelah adanya KEK Mandalika, Loteng menjadi kiblat pariwisata dunia,” ujarnya.

Ditegaskan, objek wisata di Loteng sangat lengkap. Ada laut, pengunungan, air terjun, sosial budaya, termasuk desa-desa wisata. Disbudpar dibantu pemerintah desa bertekad terus melaksanakan promosi pariwisata. ”Cepat atau lambat, sumber pendapatan daerah akan meningkat,” cetus pria yang juga menjabat ketua I Nasional Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) tersebut. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost