Lombok Post
Praya

Balap Mobil F1 Digelar 2024?

BERPACU DENGAN WAKTU: Potret pembangunan hotel-hotel berbintang di KEK Mandalika, yang bisa dilihat dari atas bukit Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Rabu (12/6).

PRAYA-Jika pagelaran MotoGP sukses digelar berturut-turut selama tiga tahun, dari 2021-2023 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, maka bisa saja balapan mobil palig akbar sejagad, Formula 1 (F1) juga digelar. Indonesia Tourism Development Corporatioan (ITDC) memastikan diri siap untuk itu.

”Baik dari sisi infrastruktur, maupun sarana dan prasarananya,” ujar Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Ngurah Wirawan, kemarin (13/6).

Kalkulasinya, FI Mandalika Lombok bisa saja digelar 2024 mendatang. Butuh persiapan lebih lama karena karakteristik dua balapan ini yang berbeda. Dari sisi anggaran pelaksanaannya, F1 lebih besar ketimbang MotoGP. Kemudian, proses penyelenggaraannya juga lebih rumit. Sehingga MotoGP plus SuperBike menjadi semacam jalan pembuka untuk itu.

Ini disaat bersamaan juga terkait  rencana Presiden RI H Joko Widodo, menetapkan KEK Mandalika sebagai salah satu tempat pelaksanaan Olimpiade 2032.  Tentunya dengan catatan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. ”Untuk F1, lintasan MotoGP yang dibangun tahun ini, bisa digunakan. Tidak ada masalah,” kata Wirawan, didampingi General Affair KEK Mandalika I Gusti Lanang Bratasuta.

Terkait mahalnya biaya pelaksanaan F1, ITDC meyakini pusat siap mengambil alih. ”Bapak Presiden RI Joko Widodo, yang meminta langsung,” bebernya.

Dukungan orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut, membuat ITDC semakin bersemangat, guna membangun dan mengelola kawasan. Bupati Loteng HM Suhaili FT dalam berbagai kesempatan menyatakan rasa syukur atas pembangunan di daerah yang dipimpinnya itu. Tak lupa dia berterima kasih, kepada pusat, khususnya presiden atas perhatiannya pada Gumi Tatas Tuhu Trasna. ”Alhamdulillah, tinggal kita pandai-pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, melalui Bapak Presiden kita tercinta,” ujar Suhaili. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost