Lombok Post
Praya

ITDC Anggap Lebaran Topat Punya Daya Jual

BELAH KETUPAT: Bupati HM Suhaili FT, saat secara simbolis memotong ketupat untuk diberikan kepada tamu undangan di pantai Kuta Desa Kuta, Pujut Lombok Tengah, Rabu (12/6).

PRAYA-Suksesnya kegiatan Lebaran Topat tahun ini, membuat Indonesia Tourism Development Corporatioan (ITDC) berencana memfasilitasi kegiatan serupa tahun depan. Lebaran Topat dianggap memiliki daya jual sehingga sangat laik dikemas lebih bagus lagi.

Dengan catatan, pemkab dan panitia bisa memperbanyak pertunjukan tradisi sosial budaya Sasak dan religi. ”Seperti, kegiatan tahunan bau nyale. Semoga bisa dilengkapi dan disempurnakan lagi,” saran Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Ngurah Wirawan, kemarin (13/6).

Pihaknya menangkap ada antusiasme pengunjung untuk datang ke Kawasan Ekonomi Mandalika (KEK) Mandalika. Bahkan kepadatannya tak kalah dengan saat kegiatan bau nyale.

Selain dinikmati wisatawan lokal, hal ini tentu juga dinikmati wisatawan asing yang tengah berada di sana. Hal tersebut dianggap baik bagi kekayaan khazanah pariwisata Lombok. ”Dengan begini, kami terus dan tetap bekerja sama dengan pemkab,” cetusnya.

Terkait pembenahan kegiatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng HL Muhammad Putrie memastikannya.

Kali ini panitia menyiapkan satu wadah, berisikan 333 ketupat dan masing-masing sembilan jenis lauk-pauk. Ada pula sembilan jenis buah-buahan dan sembilan  jenis bunga. Kemudian, bendera kecil berupa uang pecahan Rp 100 ribu. Itu semua memiliki makna, salah satunya sebagai rasa syukur atas kesuburan dan kemakmuran. ”Sebagaimana yang diharapkan bapak bupati, Lebaran Topat diharapkan seperti bau nyale, masuk kalender pariwisata nasional,” kata pria asal Desa Ketare, Kecamatan Pujut tersebut. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost