Lombok Post
Praya

Lalu Lintas Penerbangan Belum Bergairah

I Nyoman Siang

PRAYA-Lalu lintas penerbangan selama arus balik lebaran, di Lombok International Airport (LIA) Lombok Tengah, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Angkanya mencapai 20 persen, baik pesawat maupun penumpang kedatangan dan keberangkatan, domestik maupun internasional.

”Sebagai perbandingan, bisa kita lihat pada H+6 lebaran, Rabu (12/6) kemarin, dengan waktu yang sama ditahun lalu,” ujar Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I (AP) LIA I Nyoman Siang pada Lombok Post, kemarin (13/6).

Untuk kedatangan pesawat dan penumpang domestik sebanyak 40 kali, dengan jumlah penumpang sebanyak 4.618 orang, atau turun dibandingkan tahun lalu sebanyak 51 kali, dengan penumpang 5.773 orang. Kemudian, keberangkatan 50 kali, dengan jumlah penumpang 4.678 orang, tahun lalu 50 kali, dengan penumpang 5.620 orang.

Sementara, kedatangan pesawat dan penumpang internasional sebanyak tiga kali, dengan jumlah penumpang 387 orang, atau turun dibandingkan tahun lalu empat kali, dengan penumpang 522 orang. Sedangkan, keberangkatan tercatat tiga kali, dengan penumpang 305 orang, atau turun dibandingkan tahun lalu yang mencapai empat kali, dengan penumpang 601 orang.

Penurunan ditengarai karena masih mahalnya harga tiket pesawat. Lalu, dampak pascagempa.

Lebih lanjut, dia menambahkan, selama arus mudik dan arus balik lebaran tak ada kendala berarti, terkecuali delay atau cancel flight.

”Tapi jika dibandingkan akhir tahun lalu dan awal tahun ini, jumlah penumpang di bandara sekarang ada peningkatan,” tambah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng HL Muhammad Putrie.

Itu sejatinya menunjukkan masih ada harapan, karena terjadi pertumbuhan. Tinggal bagaimana terus berupaya menggenjotnya. Salah satunya melalui promosi pariwisata. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost