Lombok Post
Tanjung

Setahun Pascegempa, Gelar Zikir Bersama

TABLIGH AKBAR: Bupati KLU H Najmul Akhyar bersama sejumlah pejabat saat kegiatan zikir bersama yang digelar untuk memperingati 1 tahun musibah gempa di KLU, di halaman kantor Bupati KLU kemarin (5/8).

TANJUNG-Musibah gempa yang meluluhlantahkan puluhan ribu bangunan dan menelan ratusan korban jiwa terus dikenang warga Kabupaten Lombok Utara (KLU).  Setahun berlalu, warga KLU mulai bangkit kembali. Rehab rekon pascagempa terus dilakukan. Dan kini sudah menunjukkan progress menjanjikan.

Untuk mengenang kembali musibah gempa tersebut, Pemerintah KLU menggelar zikir bersama di halaman kantor Bupati KLU kemarin (5/8). Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat pemkab, anggota DPRD, dan para ASN. Kegiatan ini diharapkan bisa memberi berkah dalam upaya membangun kembali KLU pascagempa.

“Kita mengenang kembali musibah ini, tapi bukan berarti meratapi, “ kata Bupati KLU H Najmul Akhyar usai kegiatan tersebut.

Ia berharap, momentum peringatan setahun pascagempa ini, dapat mengembalikan semangat warga untuk bangkit membangun KLU. Sehingga proses percepatan rehab rekon bisa lebih cepat tuntas.

Dikatakan, selama setahun pascagempa, tidak sedikit program yang sudah dilaksanakan. Namun fokus daerah yakni pembangunan kembali rumah korban gempa. Hasilnya pun cukup baik, meski belum sempurna.

“Sebanyak 41 ribu lebih rumah yang diberikan rekening itu progresnya sudah mencapai setengahnya atau sekitar 20 ribu rumah,” tandasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data BNPB, pembangunan rumah tahan gempa (RTG) sudah mencapai 20 ribu rumah lebih. Setelah dikonfirmasinya ke BPBD KLU, jumlahnya malah sudah mendekati 30 ribu rumah. (fer/r4)

Berita Lainnya

Dua Formasi Dokter Spesialis Tanpa Pelamar

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri Taspen Bekali Calon Pensiunan

Redaksi Lombok Post

Tambang Rakyat Boleh, Asalkan?

Redaksi Lombok Post

Manfaatkan Limbah Plastik untuk Campuran Aspal

Redaksi Lombok Post

Keberadaan Minimarket di SPBU Telaga Wareng Jadi Polemik

Redaksi Lombok Post

Formasi CPNS Kabupaten Lombok Utara Didominasi Tenaga Pendidik

Redaksi Lombok Post

Dewan Lombok Utara Minta Kepastian Waktu Pencairan Jadup Korban Gempa

Redaksi Lombok Post

BUMD di Lombok Utara Akan Kelola Hasil Pertanian dan Produk UKM

Redaksi Lombok Post

YBM BRI Salurkan Bantuan di Desa Senaru

Redaksi Lombok Post