Lombok Post
Sumbawa

BUMDes Didorong Lahirkan Produk Unggulan

PAPARAN: Tim lomba BUMDes tingkat kabupaten memaparkan teknis penilaian BUMDes di Taliwang, kemarin (14/8).

TALIWANG-Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus mendorong lahirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) unggulan. Selain perintah undang-undang, kehadiran BUMDes akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Trisman mengatakan, BUMDes saat ini bukan saja sebatas dibentuk. Namun juga harus memiliki kegiatan atau usaha yang potensial.

“BUMDes didorong mampu melahirkan berbagai inovasi yang tentunya tetap disesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa,” jelasnya.

Trisman menjelaskan, titik tekan pembentukan sebuah BUMDes antara lain penggunaan dana desa secara transparans dan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat desa. ’Dalam menggerakkan ekonomi desa harus melalui penguatan peran dan fungsi BUMDes.

Pemkab terus memberikan support kepada BUMDes di KSB. Akselerasi dan intervensi program dari pemkab terus dimasifkan untuk lebih fokus dengan mengurangi variasi unit usaha dan disesuaikan dengan potensi ekonomi desa.

‘’Pemerintah terus mendorong BUMDes untuk lebih baik. Segala hal kita dukung, termasuk fasilitasi terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh BUMDes,’’ jelasnya.

Selain itu, pemerintah akan melakukan evaluasi, sekaligus pembinaan dan pendampingan BUMDes. Kegiatan tersebut kemudian dibungkus dalam satu kegiatan yaitu lomba BUMDes tingkat KSB. Dimana satu BUMDes ditunjuk untuk mewakili satu kecamatan.

‘’Yang ikut lomba ini antara lain BUMDes Desa Kemuning, BUMDes Desa Beru, Jereweh, BUMDes Desa Moteng, BUMDes Seloto, BUMDes Seteluk Tengah dan BUMDes Poto Tano,’’ paparnya.

Dalam penilaian nantinya akan ditentukan tiga pemenang. Mereka yang menang tentunya akan dibina,didampingi bahkan diintervensi melalui program rutin pemerintah dan CSR sejumlah perusahaan swasta.

‘’Ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk merangsang BUMDes agar lebih maju,’’ tutupnya. (far/r4)

Berita Lainnya

Mitra Binaan Amman Mineral Raih Penghargaan ISTA 2019

Redaksi Lombok Post

Pengedar Diciduk Bersama Gadis Muda

Redaksi Lombok Post

Pemuda Ditemukan Gantung Diri

Redaksi Lombok Post

Warga Keluhkan Fasilitas Puskesmas Bolo

Redaksi Lombok Post

Pembangunan PLTU Sumbawa II Terancam Gagal

Redaksi Lombok Post

45 Anggota DPRD Sumbawa Dilantik

Redaksi Lombok Post

Duh, Anjing Gila Teror Anak-anak

Redaksi Lombok Post

Pemkab Susun Rencana Konservasi Hiu Paus

Redaksi Lombok Post

Gubernur Janji Datangkan Pengusaha Garam

Redaksi Lombok Post