Lombok Post
Tanjung

Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat

PENELITIAN: Tim peneliti dan supervisi Puslitbang Polri saat melakukan penelitian lapangan di salah satu lokasi di Kabupaten Lombok Utara (KLU), kemarin (14/8).

TANJUNG-Tim peneliti dan supervisi Puslitbang Polri melakukan penelitian lapangan ke sejumlah lokasi di Kabupaten Lombok Utara (KLU), kemarin (14/8). Penelitian tersebut untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri, khususnya Polda NTB dan jajarannya.

Tim peneliti dan supervisi terdiri dari Kombes Pol Dadang Suwando, Dr Vita Mayastinasari, Dwi Irawati, Ratna Wahyuningrati, dan Ipda Aninditya Dichi Saptarini. Sedang tim pendamping yakni AKBP Ni Made Rayik, AKP Ida Ayu Wayan Santika, dan Brigadir Harry Suharto Darmawan.

Ketua Tim Peneliti Kombes Pol Dadang Suwando menuturkan, dalam kegiatan tersebut tim melakukan penelitian melalui menyebar kuisioner yang diisi 41 orang. Mereka merupakan siswa di SMK 1 Gangga, Satpol PP Damkar KLU, dan sejumlah tukang ojek di pangkalan ojek Pasar Tanjung.

“Ada sejumlah pertanyaan dalam kuisioner tersebut terkait kinerja Polri, yang harus mereka isi sesuai hati nurani,” sambungnya.

Ia melanjutkan, penelitian tersebut dilakukan 12 Agustus lalu hingga 19 Agustus mendatang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian. Yakni  fungsi lalu lintas, reserse, intel , binmas dan sabhara.

Dalam penelitian tersebut, ada lima indikator pengungkit layanan yang dilihat. Yakni tangibles (bukti langsung), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan conformance (kesesuaian) kepolisian terhadap masayarakat yang dilayani.

“Lima indikator ini menjadi pedoman untuk penilaian dari masayarakat terhadap kepolisian di sini,” katanya.

Ia menambahkan, selain di KLU, penelitian juga dilakukan di wilayah hukum Polda NTB lainnya. Seperti di Polres Mataram, Polres Lombok Barat, Polres Lombok Tengah, Polres Lombok Timur, dan Polres Sumbawa.

“Untuk hasilnya nanti kita lihat pada akhir penelitian 19 Agustus mendatang. Sekarang masih kita kumpulkan jawaban dari masyarakat,” pungkasnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Dua Formasi Dokter Spesialis Tanpa Pelamar

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri Taspen Bekali Calon Pensiunan

Redaksi Lombok Post

Tambang Rakyat Boleh, Asalkan?

Redaksi Lombok Post

Manfaatkan Limbah Plastik untuk Campuran Aspal

Redaksi Lombok Post

Keberadaan Minimarket di SPBU Telaga Wareng Jadi Polemik

Redaksi Lombok Post

Formasi CPNS Kabupaten Lombok Utara Didominasi Tenaga Pendidik

Redaksi Lombok Post

Dewan Lombok Utara Minta Kepastian Waktu Pencairan Jadup Korban Gempa

Redaksi Lombok Post

BUMD di Lombok Utara Akan Kelola Hasil Pertanian dan Produk UKM

Redaksi Lombok Post

YBM BRI Salurkan Bantuan di Desa Senaru

Redaksi Lombok Post