Lombok Post
Teknologi

Gunakan Trik Ini Agar Tagihan Listrik Bulanan Tidak Membengkak

Listrik merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat. Kalau tidak percaya, lihat saya peristiwa pemadaman listrik beberapa waktu lalu. Meski padam kurang dari 24 jam, efeknya sungguh terasa. Pekerjaan banyak yang terbengkalai. Kenyamanan pun terganggu.

Ketergantungan masyarakat, khususnya di perkotaan, terhadap listrik harusnya mengingatkan kita semua terhadap satu hal: bijaklah dalam menggunakan listrik. Dengan berhemat listrik, kita tak hanya membantu daerah lain yang membutuhkan listrik.

Namun juga bumi. Plus, pengeluaran bulanan pun jadi lebih hemat.

Nah, agar penghematan itu tercapai, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan:

1. Matikan lampu yang sudah tidak digunakan

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah mematikan lampu yang sudah tidak digunakan. Ini mungkin terdengar sederhana. Namun, jika semua orang melakukannya, dampaknya akan sangat besar.

Ketika siang, dan penerangan alami dalam rumah cukup, mungkin Anda tidak perlu menyalakan lampu. Pada malam harinya, jika sudah saatnya beristirahat, matikanlah lampu yang tak terpakai. Sisakan saja penerangan di beberapa ruangan yang dianggap penting. Misalnya lampu teras, dapur, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk selalu mematikan lampu kamar mandi setelah selesai digunakan.

2. Cabut steker listrik jika tidak terpakai

Charger dan kabel laptop, jika dibiarkan terpasang di terminal, akan mengonsumsi 50 watt listrik perjam. Sementara komputer atau desktop memakan 20 watt per jam. Charger ponsel memakan 1 watt per jam, sementara modem internet menghisap 4 watt per jam. Angka-angka tersebut mungkin tak terasa signifikan. Namun, jika digabungkan, lalu dikalikan berapa jam setiap harinya, angkanya bisa mengejutkan Anda.

Jadi, ingatlah untuk selalu mencabut steker listrik jika sudah selesai terpasang. Kebiasaan itu bisa sangat menghemat listrik. Dan pada akhirnya, kebiasaan baik ini bisa membantu mengikis pengeluaran bulanan Anda.

3. Ganti lampu biasa dengan LED

Lampu LED memang relatif mahal. Rata-rata per buahnya bisa mencapai Rp100.000. Namun, lampu ini konsumsi listriknya jauh lebih hemat. Light-emitting diode (LED) berkapasitas 7 watt bisa setara dengan bohlam 60 watt. Jadi, penghematan dari LED ini akan terasa dalam jangka panjang. Jika Anda berkomitmen untuk hemat listrik, pertimbangkan untuk membeli lampu LED.

4. Atur pemakaian barang elektronik yang berdaya besar

Beberapa peralatan listrik di rumah memakan daya cukup banyak. Situasi ini kadang tidak bisa dihindari. Mesin-mesin seperti AC, pompa air, freezer, setrika, dan mesin cuci menghisap cukup banyak listrik. Untuk menghemat pengeluaran, cobalah seefisien mungkin ketika menggunakannya.
Misalnya dengan mencuci dua atau tiga hari seminggu. Atau mematikan dispenser kalau memang tidak perlu. Hal-hal kecil seperti ini bisa sangat membantu kamu di akhir bulan ketika tagihan listrik datang.

5. Ajak semua rekan dan keluarga untuk berhemat

“Sebatang lidi tidak berarti apa-apa, tetapi jika diikat jadi satu, bisa menyapu segalanya.” Peribahasa tersebut sangat relevan dalam situasi ini. Penghematan kecil yang dilakukan banyak orang jauh lebih berdampak dibandingkan penghematan besar yang dilakukan oleh satu orang.

Gotong royong dalam berhemat listrik merupakan cara terbaik untuk mengurangi tagihan listrik. Ajak dan ingatkan rekan dan keluarga untuk selalu berhemat. Jika sudah terbiasa hemat listrik, semua akan jadi lebih mudah. Bahkan, bukan tak mungkin mereka menularkan kebiasaan baik ini ke orang lain.

Nah, itulah beberapa kiat berhemat listrik. Nah, kalau sudah berhemat, coba cek tagihan listrik Anda bulan ini. Sudah terasakah efek penghematannya. Apa pun jawabannya, kamu bisa bayar tagihan listrik PLN di Traveloka. Lewat menu Tagihan & Isi Ulang, kamu bisa membayar berbagai macam tagihan. Salah satunya adalah tagihan listrik.

Berita Lainnya

5 Tips Agar Paket Internet Tidak Habis Tiba-tiba

Redaksi Lombok Post

BRI Launching Aplikasi Junio Smart di SMPN 2 Mataram

Redaksi Lombok Post

ACS Group Launching Aruba Instant On di NTB

Redaksi Lombok Post

Ngelink Terus dengan N-Link, Internetnya Murah, IT Servisnya Berkualitas

Redaksi Lombok Post

Konsistensi Lenovo Lahirkan Produk Berkualitas yang Ramah di Kantong

Redaksi Lombok Post

Apple Bisa Gilas Kompetitor!

Redaksi Lombok Post

Samsung Raja, Apple Ambruk

Redaksi Lombok Post

Editan Snapchat Bikin Pengguna Marah

Redaksi Lombok Post

Ini AC Mungil Pertama di Dunia

Redaksi Lombok Post