Lombok Post
Selong

MotoGP Sukses, F1 Menyusul

Gubernur Tegaskan Kesiapan NTB Jadi Tuan Rumah

TOURING: Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (empat dari kiri) menyalami para bikers yang ikut dalam Touring Merah Putih dalam acara Jamnas IMI di eks Bandara Selaparang, kemarin (25/8).

MATARAM-Tidak hanya MotoGP, Lombok akan menjadi tuan rumah ajang balapan Formula 1 (F1). Dua event balap kelas dunia itu sangat mungkin digelar di Lombok sekaligus.

“Saya mendapat bocoran bahwa ITDC tidak hanya ingin menghadirkan MotoGP, tapi sudah ada proses awal dengan pak Jokowi, kalau MotoGP ini sukses ITDC akan menghadirkan F1 di sini,” ungkap Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat menghadiri acara Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia (Jamnas IMI) di eks Bandara Selaparang, Sabtu (24/8).

Di hadapan para bikers, Zul mengatakan, bukan hanya MotoGP yang akan dilaksanakan di Lombok, namun juga ada beberapa kegiatan seperti Super Bike. Bila MotoGP dan F1 diadakan di Bumi Gora, nama NTB akan lebih dikenal dunia.

Meski masih sebatas bisik-bisik, tapi pemerintah punya komitmen yang kuat untuk menghadirkan event-event dunia ke Indonesia. Hal itu terbukti dengan suksesya menjadi tuan rumah Asian Games. Bahkan Presiden Jokowi punya cita-cita, setelah MotoGP dan F1 sukses, Lombok dan Bali tidak menutup kemungkinan kelak menjadi tuan rumah Olimpiade.

Digelarnya Jamnas IMI di NTB menjadi momentum yang tepat bagi daerah untuk menyiapkan diri sebagai tuan rumah ajang olahraga dunia.  ”Kami menjadi tuan rumah acara ini untuk menyambut keinginan presiden yang mempercayakan Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP,” katanya.

Rencananya awal September 2019 akan dilakukan groundbreaking pembangunan Sirkuit Mandalika. Sehingga Oktober 2021, MotoGP akan dilaksanakan di Lombok.

Sementara itu, Ketua IMI Sadikin Aksa mengungkapkan,  acara jamnas membantu NTB mempromosikan destinasi pariwisata. Selain itu, IMI juga melaksanakan sosialisasi program road safety agar masyarakat mengetahui pentingnya keamanan berkendara. Acara itu dihadiri 250 bikers dari 25  provinsi di Indonesia.

Minggu pagi kemarin, IMI menggelar touring motor besar bertajuk “Touring Merah Putih”. Acara itu merupakan rangkaian kegiatan Jamnas IMI 2019. Kegiatan itu berlangsung dari 22-25 Agustus dengan melibatkan peserta dari berbagai komunitas motor se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada bikers yang sudah meramaikan kegiatan Jamnas IMI di NTB.

Peserta touring dibagi ke dalam beberapa etape dan mengunjungi beberapa destinasi wisata pulau Lombok. Mereka start dari eks Bandara Selaparang dan berakhir di KEK Mandalika, Lombok Tengah. (ili/r5)

Berita Lainnya

Puncak Rinjani Tutup, Pendaki Tetap Nekat!

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post

Warga Tebaban Gedor Kantor Desa

Redaksi Lombok Post

ACT-PWJ Ajari Warga Sajang Cara Mengelola Air

Redaksi Lombok Post

Atraksi Paralayang Warnai Hari Pahlawan di Lotim

Redaksi Lombok Post

MAN IC Praktik Lapangan di Lima Lokasi

Redaksi Lombok Post

273 Tenaga Honorer di Lombok Timur Minta Diangkat Jadi PPPK

Redaksi Lombok Post

Belum Ada yang Jadi Tersangka dalam Kasus SK Honorer Palsu

Redaksi Lombok Post

Mengenal Persata, Klub Sepak Bola Tertua di Lotim (1)

Redaksi LombokPost