Lombok Post
Selong

BLU PIP Gandeng Pemkab Lotim

Penguatan Program Pembiayaan UMi

KERJA SAMA: Bupati Lotim HM Sukiman Azmy (kanan) bersama Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi BLU PIP, Kementerian Keuangan RI Sochif Winarno (kiri) menandatangani MoU di Pendopo Bupati Lotim, Sabtu (31/8).

SELONG-Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) telah menandatangani MoU dengan Pemkab Lotim di Pendopo Bupati Lotim, Sabtu (31/8) lalu. Kerja sama itu dalam rangka penguatan manfaat program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) bagi pelaku usaha mikro.

Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi BLU PIP Sochif Winarno menerangkan, kerja sama tersebut sebagai bentuk komitmen bersama untuk bersinergi dan menumbuhkembangkan pelaku usaha mikro di Lotim. Tak hanya itu, ekosistem usaha yang terlibat di dalamnya juga diharapkan dapat berkembang. “Dengan tetap mempertahankan aspek kearifan lokal di Lotim,” kata Sochif.

Sejak diluncurkan oleh Kementerian Keuangan 2017 lalu, BLU PIP memiliki fokus menyalurkan pembiayaan UMi untuk usaha mikro. Terutama bagi yang belum difasilitasi oleh perbankan. Capaian penyaluran pembiayaan UMi secara nasional sebanyak 1.005.539 debitur dengan total penyaluran sebesar Rp 2,79 triliun. Kemudian untuk Provinsi NTB, penyaluran sebanyak 9.474 debitur dengan total nilai pembiayaan sebesar Rp 32,4 miliar.

Kata Sochif, khusus Lotim, jumlah penyaluran pembiayaan UMi merupakan yang terbesar dibandingkan dengan daerah lain di NTB. Dengan penyaluran melalui tiga Lembaga keuangan bukan bank. Yakni, PT BAV linkage Koperasi Mitra Dhuafa, PT Pegadaian, PT PNM. Jumlahnya mencapai sebanyak 1.511 debitur dengan total nilai pembiayaan sebesar Rp 6,93 miliar. “Hal ini menunjukkan Lotim memiliki potensi jumlah usaha mikro yang cukup besar,” jelasnya.

Adanya sinergi bersama antara Pemkab Lotim dan BLU PIP diharapkan memperbanyak ketersediaan akses pembiayaan dan menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan.

Kabag Ekonomi Setda Lotim Muhammad Azlan menerangkan, pemkab memiliki beberapa program yang dapat disinergikan dan selaras dengan program UMi. Salah satunya adalah program dan kegiatan pengembangan kewirausahaan dan keunggulan usaha kecil. Serta pengembangan sistem pendukung usaha kecil yang dijalankan melalui Dinas Koperasi dan UKM Lotim.

Melalui program tersebut pelaku usaha mikro akan mendapatkan peningkatan kapasitas berupa fasilitas pelatihan, promosi produk, bahkan pembuatan lapak kaki lima. “Sinergi bersama BLU PIP melalui program pembiayaan UMi akan menambah manfaat pada pelaku usaha mikro. Salah satunya dengan pemberian akses dalam memperoleh pembiayaan dengan plafon maksimal sebesar Rp 10 juta,” jelas Azlan.

BLU PIP berperan menyediakan program pembiayaan UMi. Kemudian pemda akan menyediakan program pembinaan bagi pelaku usaha mikro untuk dapat naik kelas. Begitu juga dengan pemberian daftar calon debitur yang potensial. Serta pembinaan lembaga-lembaga yang akan menjadi linkage.

Menurut Azlan, hal tersebut akan mendorong perluasan jangkauan pembiayaan UMi dan memperbanyak masyarakat yang terfasilitasi program ini. Kerja sama seperti ini juga dapat diperluas ke bidang lain. Seperti penyediaan tenaga pendampingan, penyediaan program pelatihan. Juga kerja sama lain yang disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

BUMD Lotim seperti PT Selaparang Finansial (SF)  juga dapat menjadi mitra dalam program pembiayaan UMi. SF diketahui telah memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun dalam memberikan pemodalan bagi pelaku UMKM. Sehingga memiliki potensi menjadi mitra sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Pemerintah pusat melalui BLU PIP dan Pemkab Lotim secara bersama-sama akan terus membimbing, dan mengembangkan penyalur maupun mitra program UMi. “Dengan harapan pembiayaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan pembiayaan yang mudah dan cepat bagi para pelaku usaha mikro,” jelasnya. (tih/r5/*)

Berita Lainnya

Puncak Rinjani Tutup, Pendaki Tetap Nekat!

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post

Warga Tebaban Gedor Kantor Desa

Redaksi Lombok Post

ACT-PWJ Ajari Warga Sajang Cara Mengelola Air

Redaksi Lombok Post

Atraksi Paralayang Warnai Hari Pahlawan di Lotim

Redaksi Lombok Post

MAN IC Praktik Lapangan di Lima Lokasi

Redaksi Lombok Post

273 Tenaga Honorer di Lombok Timur Minta Diangkat Jadi PPPK

Redaksi Lombok Post

Belum Ada yang Jadi Tersangka dalam Kasus SK Honorer Palsu

Redaksi Lombok Post

Mengenal Persata, Klub Sepak Bola Tertua di Lotim (1)

Redaksi LombokPost