Lombok Post
Selong

Pemburu Kera Hitam Tertangkap Tangan

PEMBURU KERA: MS dan JN, warga asal Narmada, Lobar, ditahan di ruang Tipiter Satreskrim Polres Lotim setelah tertangkap memburu satwa yang dilindungi di kawasan TNGR, kemarin (3/9).

SELONG-Satreskrim Polres Lotim bersama Polsek Montong Gading, dan Polhut kawasan TNGR berhasil meringkus dua orang pemburu satwa yang dilindungi, kemarin (3/9). Kasatreskrim Polres Lotim AKP I Made Yogi Purusa Utama menerangkan, kedua pemburu tersebut berinisial MS dan JN yang merupakan warga Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lobar.

“Pelaku kami tangkap saat sedang menguliti kera hitam atau yang biasa kita sebut Lutung yang telah dilumpuhkannya menggunakan senapan angin,” jelas Yogi kepada Lombok Post.

Penangkapan terjadi di tengah kawasan TNGR. Kata Yogi, kedua pelaku diringkus pukul 11.45 Wita. Ia menjelaskan, kedua pelaku telah lama dibuntuti oleh pihak berwajib. Diketahui, sudah tiga kali para pemburu tersebut dilihat memasuki kawasan hutan. “Namun baru kali ini dapat dan tertangkap,” jelasnya.

Menurut pengakuan kedua tersangka, Lutung yang ditangkap tersebut tidak untuk diperjualbelikan. Akan tetapi untuk dimakan sebagai cemilan saat berpesta minuman keras atau tuak. Kata Yogi, kalau istilah Lomboknya ‘sedak nginem’.

Bersama kedua pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa dua sepeda motor yang dikendarai pelaku, sebuah senapan angin, dan dua bungkus daging Lutung yang sudah dikuliti.

Akibat perbuatannya, kedua pemburu tersebut dikenakan pidana pasal 1 (5) UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pelaku terancam hukuman lima tahun penjara.

Yogi menegaskan, pihaknya memang mengatensi tindak pidana perburuan liar yang dikhawatirkan merusak ekosistem alam. “Selain karhutla, kita juga sangat mengatensi tindak pidana perburuan liar ini,” jelasnya. (tih/r5)

Berita Lainnya

Puncak Rinjani Tutup, Pendaki Tetap Nekat!

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post

Warga Tebaban Gedor Kantor Desa

Redaksi Lombok Post

ACT-PWJ Ajari Warga Sajang Cara Mengelola Air

Redaksi Lombok Post

Atraksi Paralayang Warnai Hari Pahlawan di Lotim

Redaksi Lombok Post

MAN IC Praktik Lapangan di Lima Lokasi

Redaksi Lombok Post

273 Tenaga Honorer di Lombok Timur Minta Diangkat Jadi PPPK

Redaksi Lombok Post

Belum Ada yang Jadi Tersangka dalam Kasus SK Honorer Palsu

Redaksi Lombok Post

Mengenal Persata, Klub Sepak Bola Tertua di Lotim (1)

Redaksi LombokPost