Lombok Post
Politika

Peluang Mohan-Ahda, Terbuka!

H Ahyar Abduh

MATARAM-Peta politik Kota Mataram semakin dinamis. Selama ada kepentingan politik terakomodir maka kesempatan bergabung satu barisan terbuka lebar.

Bila selama ini Ahyar-Mohan terkesan mengarah pecah kongsi, belakangan isyarat berpeluang memperpanjang dinasti terbuka lagi. Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan ia punya hubungan emosional yang istimewa dengan H Mohan Roliskana dibanding dengan politisi atau figur lain.

“Apalagi dengan Pak Haji Mohan (sangat dekat), paket saya dari dulu,” kata Ahyar.

Menurutnya peluang meneruskan paket Ahyar-Mohan melalui paket Mohan-Ahda masih terbuka. Belum terkunci sama sekali ke arah pecah kongsi. Saat ini lanjut dia yang paling utama tentu mencari komposisi politik terbaik agar bisa memenangi Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Mataram 2020.

“Semua mau menang, tidak pokoknya-pokoknya (harus berpasangan dengan ini atau itu)” ulasnya.

Ahyar menegaskan daya tawar Ahda realistis. Di posisi pertama atau ke dua semua masih dilihat peluangnya. Karenannya ia pun mengakui saat ini mulai mendorong Ahda untuk maju di Pilwali 2020.

“Kalau didorong ya terus (dari masyarakat)” terangnya.

Namun ia menegaskan dirinya tidak mempersiapkan Ahda secara khusus. Dorongan yang diberikan pun besifat membuka kesempatan bagi dia mengeksplorasi dan mempelajari dunia politik.

Bahkan dari sisi kapasitas ia yakin Ahda mampu. Bila dibanding dirinya yang dulu terjun politik pada usia 27 tahun, Ahda bahkan saat ini lebih tua untuk memutuskan masuk di dalam politik.

“Saya sendiri 27 tahun sudah di DPRD, tapi itu saya ya, dia (Ahda) sudah mau 30 tahun,” terangnya.

Maka secara usia, Ahyar melihat Ahda sudah mumpuni masuk dalam dunia politik. Ia yakin dengan lantar belakang pendidikan anaknya selama ini Ahda bisa jadi belajar cepat dunia politik.

“Di era kemerdekaan bahkan umur 20 sudah (berkiprah di politik)” imbuhnya.

Karenanya sebagai orang tua, ia tak bisa mengekang keinginan anaknya. ia mempersilakan saja Ahda masuk politik bila tertarik. Termasuk juga mulai mengusahakan diri mendekati figur Mohan.

“Ya silakan saja,” tandasnya.

Sebelumnya, saat diwawancara Lombok Post beberapa waktu lalu Mohan pun membuka peluang bagi siapa saja untuk mendampinginya. Tak terkecuali figur Badruttamam Ahda.

“Sekali lagi saya katakan semua peluang masih ada ya,” kata Mohan saat itu. (zad/r2)

Berita Lainnya

PKS-Golkar Terancam Bubar Di Pilbup Lombok Tengah 2020

Redaksi Lombok Post

Diunggulkan di KLU, Itra: Saya Pasif!

Redaksi Lombok Post

Selly gak Jadi Nyalon? Sisa Empat Hari Belum Daftar Ikut Penjaringan

Redaksi Lombok Post

Gandeng Kejaksaan, Gerindra Buru Figur

Redaksi LombokPost

Muis Belum Tertarik Jadi Bupati

Redaksi LombokPost

Demokrat Siapkan Satu Nama di Pilwali 2020

Redaksi LombokPost

Najmul-Djohan, Berebut PDIP

Redaksi LombokPost

Satu Bulan Lagi, PKB Punya Calon

Redaksi LombokPost

Husein Temui Mori

Redaksi LombokPost