Lombok Post
Politika

Satu Bulan Lagi, PKB Punya Calon

HL Hadrian Irfani

MATARAM-Partai Kebangkitan bangsa (PKB) sedang merentangkan jaringnya untuk mendapat figur terbaik. Target mereka di Pemilihan Bupati (Pilbup) Lombok Tengah (Loteng) 2020, menang dan masuk dalam lingkaran kekuasaan.

“Kita fokus jaring di tokoh terbaik NU dan internal PKB dulu,” kata Ketua DPW PKB NTB HL Hadrian Irfani.

Pria yang akrab disapa Ari itu optimis PKB bisa meraih kekuasaan. Salah satu alasannya, ia menyebut Loteng sebagai ibu kota PKB. Dibanding daerah lain, PKB meraih kursi terbanyak di sana dengan enam kursi. “Ada peningkatan sekitar 8 ribu suara di sana dibanding pileg 2014,” ujarnya.

Adanya kenaikan statistik pemilih PKB di Loteng membuat Ari yakin bisa memenangi Pilbup Loteng 2020. Untuk lebih memantapkan lagi figur yang akan diusung PKB menggelar proses pencarian figur yang dinamai uji publik. “Ya dalam satu bulan ke depan hasilnya akan kelihatan,” terangnya.

Ari mengatakan semua kader PKB dan NU disurvei. Termasuk di dalamnya ada nama HL Aksar Ansori, HL Pelita Putra, Prof Masnun Tahir, termasuk juga di dalamnya ada nama dirinya yang ikut disurvei. Di samping juga figur-figur lain.

Disunggung nama HL Pathul Bahri apakah masuk dalam survei, mengingat posisi ketua DPC Partai Gerindra Loteng itu juga Ketua PCNU Loteng, Ari membenarkan nama wakil bupati itu ikut disurvei. Hanya saja, ia mengisyaratkan masih menunggu komunikasi politik Pathul dengan PKB. “Kalau berkenan dengan PKB (tergantung hasil komunikasi politik)” ulasnya.

Figur yang dipilih nanti tidak akan dikunci duduk di posisi nomor satu. Ari mengatakan tidak masalah pula bila sebagai nomor dua. Prinsipnya PKB mau memang. PKB akan mengusung figur yang punya elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

“Kalau potensinya hanya sebagai penggembira ya sebaiknya tidak usah diusung, berikan saja (suara PKB) ke figur yang lain,” tegasnya.

Sementara itu, HL Aksar Ansori, salah satu figur yang berpeluang diusung PKB, jauh-jauh telah menyatakan diri siap bertarung di Loteng. Mantan ketua KPU NTB yang kini menjabat sebagai sekretaris PWNU NTB itu, aktif melakukan sosialisasi diri dengan mendatangi banyak tokoh masyarakat dan terjun ke tengah masyarakat. “Komunikasi dengan banyak tokoh baik tuan guru, tokoh politik, tokoh budaya, tokoh birokrasi, dan lain-lain,” terangnya.

Bahkan Aksar sempat melakukan pendekatan dengan Lalu Irham Srigede yang berencana maju di Pilbup Loteng 2020. “Berbagi ide, membangun visi yang sama dan gagasan,” terangnya terkait pertemuannya itu beberapa waktu lalu. (zad/r2)

Berita Lainnya

Tunggu Titah Ibu, Pelita Ogah Durhaka

Redaksi Lombok Post

Pilbup Dompu Ramai Peminat, 12 Figur Berebut Restu PDIP

Redaksi Lombok Post

Puan Janji Disiplinkan Anggota Dewan

Redaksi Lombok Post

Waspadai Legislasi Licik, DPR Janji Perbaiki Citra dan Kinerja

Redaksi Lombok Post

Mohan Buka Pintu Untuk Ahda

Redaksi Lombok Post

PKS-Golkar Terancam Bubar Di Pilbup Lombok Tengah 2020

Redaksi Lombok Post

Diunggulkan di KLU, Itra: Saya Pasif!

Redaksi Lombok Post

Selly gak Jadi Nyalon? Sisa Empat Hari Belum Daftar Ikut Penjaringan

Redaksi Lombok Post

Gandeng Kejaksaan, Gerindra Buru Figur

Redaksi LombokPost