Lombok Post
Politika

Gandeng Kejaksaan, Gerindra Buru Figur

H Ridwan Hidayat

MATARAM-Ragam cara partai politik (parpol) mengambil hati rakyat. Agar mendukung pilihannya dalam Pilkada Serentak 2020 nanti. Salah satunya dengan mencari figur terbaik yang bebas dari kasus-kasus hukum.

DPD Partai Gerindra NTB  misalnya, berencana menggandeng Kejaksaan dalam proses penjaringan bakal calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota.

“Kita akan koordinasi dengan pihak kejaksaan mencari calon pemimpin yang clear and clean,” kata Ketua DPD Gerindra NTB H Ridwan Hidayat.

Pelibatan kejaksaan natinya untuk menelusuri sepak terjang figur. Apakah bersih dari kasus hukum atau tidak. Ridwan melihat Kejaksaan merupakan institusi yang sangat tepat untuk mendukung mencari pemimpin yang baik bagi masyarkat.

“Tapi sebelumnya kita sudah bentuk Timsel,” ulasnya.

Timsel (Tim Seleksi) akan bertugas melakukan pemetaan dan pencermatan terhadap aspirasi masyarakat. Seperti apa model kepemimpinan yang dikehendaki hingga siapa saja figur yang dinilai layak memenuhi kriteria masyarakat.

“Mereka tugasnya memetakan itu di tujuh kabupaten/kota yang akan Pilkada Serentak 2020,” terangnya.

Saat ini tim yang dimaksud sedang bekerja. Mengumpulkan data dan melakukan pembahasan di internal tim. Ridwan mengatakan batas waktu kerja dari tim sampai mendekati waktu proses tahapan pemilu nanti.

“Mengecek di lapangan eketabiltias figur, uji kemampuan fit and proper test,” ujar ia mencontohkan beberapa tugas Timsel.

Prinsipnya lanjut Ridwan, Gerindra ingin mendapat figur yang tidak hanya punya basis massa. Tetapi punya kemampuan teknis untuk tata kelola pemerintahan. Apalagi saat ini pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan good governance.

Maka bagi Ridwan mendukung itu tentu harus dimulai pemilihan bibit calon pemimpin yang ada di partai.

“Kita ingin tokoh yang terbaik,” tegasnya.

Ia meyakinkan Gerindra akan sangat hati-hati dalam Pilkada serentak 2020 nanti dalam mencari bibit pemimpin. Bagi Ridwan kemajuan daerah merupakan tanggung jawab partai politik. Dan ia ingin Gerindra menjawab harapan masyrakat itu dengan cara memilih pemimpin yang bersih dan berbobot.

“Kita pastikan ia punya komitmen membangun daerah,” tandasnya. (zad/r2)

Berita Lainnya

PKS-Golkar Terancam Bubar Di Pilbup Lombok Tengah 2020

Redaksi Lombok Post

Diunggulkan di KLU, Itra: Saya Pasif!

Redaksi Lombok Post

Selly gak Jadi Nyalon? Sisa Empat Hari Belum Daftar Ikut Penjaringan

Redaksi Lombok Post

Muis Belum Tertarik Jadi Bupati

Redaksi LombokPost

Demokrat Siapkan Satu Nama di Pilwali 2020

Redaksi LombokPost

Najmul-Djohan, Berebut PDIP

Redaksi LombokPost

Satu Bulan Lagi, PKB Punya Calon

Redaksi LombokPost

Husein Temui Mori

Redaksi LombokPost

Politisi, Harus Bebas Narkoba

Redaksi LombokPost