Lombok Post
Poltekpar Lombok Today

Rutin Gelar Bakti Wisata

Sekaligus Sosialisasikan Sapta Pesona di Kawasan Wisata

BERSIH-BERSIH: Seluruh civitas akademika Poltekpar Lombok berfoto bersama usai membersihkan Pantai Kuta Mandalika dari sampah plastik yang tersebar di sepanjang kawasan tersebut, Jumat (4/10).

SEBANYAK 777 mahasiswa dan 86 dosen serta pegawai Poltekpar Lombok melakukan bakti wisata di Destinasi Wisata Super Prioritas, Kuta Mandalika. Kegiatan bakti wisata merupakan wujud Poltekpar Lombok dalam pengabdiannya kepada masyarakat, dengan mengimplementasikan dan mensosialisasikan Sapta Pesona bagi praktisi pariwisata dan masyarakat di Desa Kuta.

“Poltekpar Lombok merupakan salah satu unit pelaksana teknis Kementerian Pariwisata. Maka kampus ini wajib mendukung pariwisata setempat dengan segala sumberdaya yang dimiliki. Oleh karena itu, bakti wisata menjadi agenda yang rutin diadakan sejak tahun 2016 hingga sekarang,” ujar Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Poltekpar Lombok, Iswayana Adhi Putra.

Fokus utama dalam kegiatan ini adalah sosialisasi kebersihan, khususnya sampah plastik. Karena kebersihan merupakan salah satu dari ketujuh unsur penting demi mewujudkan Sapta Pesona di wilayah pariwisata. Tidak hanya itu, keakraban dan pendampingan kepada pemilik serta karyawan homestay di sekitar Kuta juga menjadi agenda tambahan dalam kegiatan yang berlangsung sejak 4 hingga 6 Oktober ini.

“Selama tiga hari dua malam, seluruh peserta melakukan kerja bakti pembersihan sampah plastik sepanjang tujuh kilometer di Pantai Kuta. Nantinya sampah tersebut akan dikumpulkan dan dihitung berapa jumlahnya. Kemudian dikaji oleh dosen Poltekpar Lombok dengan melibatkan perusahaan yang memproduksi plastik terkait untuk mencari solusi bagaimana meminimalisir penggunaan plastik,” terang Iswayana.

“Ada juga kegiatan keakraban mahasiswa dalam bentuk games dan kesenian, serta memberikan pendampingan atau coaching kepada pemilik dan karyawan homestay yang membutuhkan bantuan pengembangan kualitas pelayanan,” lanjutnya.

Wahyu Adi Wijaya, selaku PIC kegiatan bakti wisata 2019 menambahkan, seluruh peserta kegiatan bakti wisata terbagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok menginap selama satu malam di beberapa homestay dan hotel yang ada di Kawasan Wisata Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah

“Jika tahun lalu kegiatan bakti wisata diadakan di Kawasan Senggigi dengan hanya satu kelompok saja, tahun ini justru berbeda. Karena peserta terbagi atas dua kelompok dan langsung menginap di lokasi. Kelompok I menginap mulai Jumat 4 Oktober sampai Sabtu 5 Oktober dan Kelompok II menginap mulai Sabtu 05 Oktober sampai Minggu 06 Oktober. Dengan seluruh biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh kampus Poltekpar Lombok,” katanya saat diwawancara via Whatsapp, Sabtu (5/10).

Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat dan seluruh pengunjung. Tidak heran selama kegiatan, banyak turis lokal dan mancanegara yang ikut membantu membersihkan pantai secara sukarela. Selain itu, ITDC Kuta Mandalika juga memberikan dukungan penuh terhadap seluruh kegiatan kepariwisataan yang digelar oleh Poltekpar Lombok. (eka)

Berita Lainnya

Lombok Harus Gencar Halal Tourism

Redaksi Lombok Post

Mahasiswa PKL ke Tana Toraja

Redaksi Lombok Post

Gelar Lombok Tabex November Mendatang

Redaksi Lombok Post

Gelar Gala Dinner Event Hingga Desember

Redaksi Lombok Post

Peran Dosen di Kancah Internasional

Redaksi Lombok Post

320 Mahasiswa Baru Widyawisata ke Industri

Redaksi Lombok Post

Turut Mengembangkan SDM Pariwisata Labuan Bajo

Redaksi Lombok Post

Peningkatan Kompetensi SDM di Mandalika

Redaksi Lombok Post

Kemenpar Berikan Pelatihan TOT Desa Wisata kepada 20 Dosen

Redaksi Lombok Post