Lombok Post
Headline Metropolis

Dicari 197.111 CPNS, Kuota untuk NTB Diumumkan Akhir Oktober

CALON ABDI NEGARA: Para peserta CPNS berusaha menjawab soal dalam seleksi CPNS 2018 lalu.

MATARAM-Bagi yang ingin menjadi abdi negara, siap-siaplah. Pemerintah akan merekrut banyak pegawai negeri tahun ini. Tidak tanggung-tanggung slot CPNS disiapkan hingga 197.111 formasi. Baik formasi untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN Mataram Rahmi Maftuhah menyebutkan, formasi pemerintah pusat atau kementerian/lembaga 37.854 formasi. Pemerintah daerah diberikan porsi lebih banyak yakni 159.257 formasi.

”Formasi ini sudah fix,” kata Rahmi Maftuhah, pada Lombok Post, kemarin (11/10).

Dari keseluruhan formasi, tenaga guru dan kesehatan masih mendominasi. Sebab, dua jenis tenaga pelayanan dasar itu merupakan tenaga yang masih banyak dibutuhkan.

Tapi formasi CPNS tiap daerah belum dikeluarkan. Rencananya dalam waktu dekat, BKN akan mengumumkan kuota formasi CPNS bagi pemerintah daerah dan kementerian lembaga.

Formasi CPNS untuk kementerian lembaga akan disesuaikan dengan skema kabinet baru pasca pelantikan presiden dan wakil presiden, 20 Oktober mendatang. Kepada 541 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang membuka formasi CPNS 2019, diminta melaksanakan training dan memasukkan formasi pada sistem daring yang baru.

Sementara untuk tahapan kegiatan, pusat telah menetapkan jadwal pelaksanaan. Oktober–November pengumuman, pendaftaran akan dibuka Novemver. Kemudian pengumuman hasil seleksi administrasi Desember mendatang.

Pemerintah akan memberikan masa sanggah pada bulan Januari 2020. Kemudian seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) digelar Febuari – Maret. Sehingga pada April mereka yang diterima sudah bisa diumumkan.

Terpisah, Kepala BKD NTB H Fathurrahman menjelaskan, sesuai hasil rapat 25 September lalu, jumlah kementerian lembaga yang akan melakukan rekrutmen 74 dengan formasi 37.854, kemudian 467 pemda dengan jatah 159.257 formasi.

“Tapi kuota formasi masing-masing instansi dan pemda belum dikeluarkan,” jelasnya.

Pemda saat ini masih menunggu pengumuman formasi dari pusat. Rencananya pertengahan atau akhir bulan ini sudah diumumkan. ”Kita tunggu saja,” katanya.

Untuk pelaksanaan, BKD se-NTB telah menyepakati 10 lokasi pelaksaan rekrutmen di NTB. Masing-masing Pemda akan menggelar rekrutmen di daerahnya. Kecuali, Pemda KLU yang akan gabung dengan Pemprov NTB. KLU belum memiliki fasilitas memadai setelah dilanda gempa tahun lalu.

”Kami tengah mempersiapkan sarana prasarana pendukung agar rekrutmen berjalan lancar,” katanya. (ili/r6)

Berita Lainnya

Honda Awali 2020 Dengan Edukasi Keselamatan Berkendara

Redaksi Lombok Post

Ruslan Turmuzi : Pembangunan Kereta Gantung Bukan Skala Prioritas

Redaksi Lombok Post

Ikut Pilkada 2020, Selly dan Saswadi Akan Dimutasi

Redaksi Lombok Post

Kelompok Pecinta Alam Tolak Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Redaksi Lombok Post

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

Redaksi Lombok Post

All New Honda BeAT Series dengan Berlimpah Teknologi Baru

Redaksi Lombok Post