Lombok Post
Headline Metropolis

Pemprov NTB Cari 414 CPNS

H Faturrahman

MATARAM-Kuota CPNS lingkup Pemprov NTB telah rampung. Dari 500 formasi yang diusulkan, Kementerian PAN RB hanya menyetujui 414 formasi CPNS. Lowongan pegawai negeri masih didominasi tenaga pendidikan dan kesehatan. Sementara tenaga teknis hanya sebagian kecil.

                Kepala Badan Kepegawaian Daerah NTB H Fathurrahman menerima langsung penetapan formasi tersebut di Jakarta. Melalui sambungan telepon, Fathuurahman menjelaskan, meski berkurang dari usulan, namun jumlah itu lebih banyak dari tahun sebelumnya. Tapi dia cukup puas karena 82,8 persen usulan diterima.

”Alhamdulillah banyak yang diakomodir,” kata Fathurrahman, kemarin (18/10).

Diungkapkannya, Kuota CPNS masing-masing daerah diumumkan dalam rapat koordinasi bersama Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja, di Jakarta, Kamis (17/10).

”Kuota kabupaten/kota belum kami himpun. Datanya di tiap pemda,” katanya.

                Fathurrahman tidak menjelaskan secara detail 414 formasi tersebut. Tapi yang jelas, pemprov hanya akan merekrut tenaga pendidikan yang akan ditempatkan di SMA, SMK dan SLB. Demikian pula dengan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat sesuai kebutuhan daerah.

Kemudian tenaga teknis yang banyak dibutuhkan untuk tenaga teknis konstruksi dan tenaga kepariwisataan yang menjadi kebutuhan di daerah.

Dengan penetapan kuota tersebut, selanjutnya para calon abdi negara yang ingin mendaftar bisa mempersiapkan diri mulai saat ini. Rakor tersebut belum menentukan tanggal pembukaan pendaftaran. Namun dia memastikan minggu pertama November pendaftaran akan dibuka.

”Semua sesuai tahapan,” katanya singkat.

Untuk tahapan kegiatan, panitia pusat telah menetapkan jadwal pelaksanaan. Oktober – November pengumuman, pendaftaran akan dibuka Novemver. Kemudian pengumuman hasil seleksi administrasi Desember mendatang.

Pemerintah akan memberikan masa sanggah pada bulan Januari 2020. Kemudian seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) digelar Febuari–Maret. Sehingga pada April mereka yang diterima sudah bisa diumumkan.

Untuk pelaksanaan, BKD se-NTB telah menyepakati 10 lokasi pelaksaan rekrutmen di NTB. Masing-masing Pemda akan menggelar rekrutmen di daerahnya. Kecuali, Pemda KLU yang akan gabung dengan Pemprov NTB. KLU belum memiliki fasilitas memadai setelah dilanda gempa tahun lalu.

”Kami tengah mempersiapkan sarana prasarana pendukung agar rekrutmen berjalan lancar,” katanya.

Terpisah, Sekretaris BKD NTB Yus Harudianputra mengatakan, setelah penetapan kuota, penguman rekrutmen akan segera dilakukan. Meski di NTB hanya tersedia 414 formasi, namun para peserta masih punya kesempatan melamar di lembaga lain sesuai keilmuannya. Apalagi  perekrutan dilakukan  se-Indonesia.

”Kementerian/lembaga juga membuka. Jadi kesempatannya banyak,” katanya.

Ia menyebut, jumlah kementerian lembaga yang akan melakukan rekrutmen 74 dengan formasi 37.854, kemudian 467 pemda dengan jatah 159.257 formasi. (ili/r6)

Berita Lainnya

PLN NTB Akui Ada Gangguan di PLTU Jeranjang

Redaksi Lombok Post

Petugas Kejari Mataram Kembali Lakukan Penggeledahan Kantor Dispar Lobar

Redaksi Lombok Post

Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Redaksi Lombok Post

Global Hub Tak Boleh Disepelekan, Dewan Minta Gubernur Aktif Lobi Pusat

Redaksi Lombok Post

Sumbang PNBP Terbesar Kedua Bidang Kepatuhan, Amman Mineral Raih Penghargaan Dirjen Minerba

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post

Tambang Rakyat Boleh, Asalkan?

Redaksi Lombok Post

Manfaatkan Limbah Plastik untuk Campuran Aspal

Redaksi Lombok Post

Status Jabatan Ispan Junaidi Ditentukan Hari Ini

Redaksi Lombok Post