Lombok Post
Headline Metropolis

TGB Mendapat Pengakuan Dunia, Terima Penghargaan dari Al-Azhar

TGB HM Zainul Majdi

KAIRO-Tuang Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi menerima penghargaan dari Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Bertempat di ruang utama Gedung Grand Syaikh Universitas Al-Azhar, Kamis (17/10), penghargaan diserahkan oleh Grand Syaikh Al-Azhar Prof Dr Ahmed El Tayeb.

Hadir dalam penganugerahan tersebut antara lain Mayjen Osama Yasin, Wakil Sekretaris Jenderal World Organization for Al-Azhar Graduates (WOAG), Wa’il Moustafa, Direktur Eksekutif WOAG, dan beberapa tokoh lainnya. Hadir pula staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo antara lain Atase Pendidikan dan Kebudayaan Dr Usman Syihab.

Pihak Al-Azhar menilai, TGB yang menjabat Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia itu, sebagai salah seorang tokoh alumni Al-Azhar yang menonjol dalam mengukuhkan nilai-nilai moderasi beragama (Wasathiyyah Al-Islam), nilai-nilai kebangsaan (muwâthanah), dan nilai-nilai hidup berdampingan secara rukun dan damai (ta‘âyusy silmiy) di Indonesia.

Dalam penyerahan penghargaan, Grand Shaikh Ahmed El-Tayeb memberikan apresiasi, doa, dan dukungannya kepada alumni Al-Azhar di Indonesia, terutama TGB.

Grand Shaikh Ahmed El-Tayeb juga mengingatkan agar lebih aktif dan agresif lagi dalam menangkal pemikiran ekstrem. ”Terutama melalui media sosial,”ujarnya.

Sementara itu, TGB menyampaikan, apa yang dinilai sebagai prestasi itu tidak lain merupakan upaya sederhana yang ia dan alumni Al-Azhar lainnya lakukan dalam rangka berterima kasih kepada Al-Azhar.

“Nilai-nilai keislaman yang saya peroleh dari Al-Azhar, terutama yang berkaitan dengan moderasi beragama, terbukti sangat cocok untuk diterapkan pada umat dan bangsa Indonesia,” kata dia.

Gelar S1, S2, dan S3 ia peroleh di Universitas Al-Azhar, Kairo. Tafsir dan Ilmu-ilmu Al-Qur’an di Fakultas Ushuluddin adalah jurusan yang ia pilih.

TGB meraih gelar MA dengan predikat baik sekali, sedangkan gelar doktor ia peroleh pada 2011 ketika ia menjabat sebagai Gubernur NTB periode pertama.

Disertasinya berjudul Studi Metodologis dan Analitis Tafsir Ibnu Kamal Basya dan memperoleh predikat summa cum laude.

Terpisah, Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Nusa Tenggara Barat, Fauzan Zakaria, menjelaskan, peran mengukuhkan nilai-nilai keislaman-kebangsaan tersebut dilakukan oleh TGB saat sebagai Anggota DPR RI, dilanjutkan saat menjabat sebagai Gubernur NTB dua priode, serta dalam kapasitas sebagai ulama pendakwah melalui safari dakwahnya ke hampir seluruh wilayah Indonesia, maupun sebagai ketua OIAA sejak 2017.

“Di bawah kepemimpinannya, Provinsi NTB maju dengan sangat cepat, dengan ciri khas konsep pembangunan yang seimbang antara pembangunan mental, spritual dan material yang terbungkus dalam visi NTB Beriman dan Berdaya Saing,” ujar sosok yang dikenal sebagai tuan guru milenial ini.

Menurutnya, pemberian penghargaan Al-Azhar sebagai lembaga keislaman paling berpengaruh di dunia, menunjukkan isu moderasi beragama merupakan isu global dan menjadi kepentingan bersama masyarakat dunia.

”Al-Azhar telah cukup lama dan secara intensif mengukuhkan nilai-nilai moderasi Islam dan ikut serta secara aktif bersama tokoh agama lainnya dalam menciptakan hidup berdampingan secara damai,” ujarnya.

Ketua Forum Komunikasi Alumni Timur Tengah NTB Rubai Ahmad Munawar, juga mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi kepada TGB karena telah membuat seluruh alumni Timur Tengah, bahkan seluruh kaum muslimin bangga dengan berbagai prestasinya. Khususnya dalam pengmbangan nilai moderasi islam dan hidup rukun dan damai antar umat beragama.

 “Kami ucapkan selamat dan apresiasi yang tak terkira kepada saudara kita Tuan Guru Bajang atas prestasi yang luar biasa terutama sekali dalam pembangunan nilai-nilai moderasi Islam dan menjadi contoh dalam menjaga kerukunan antar umat beragama,” katanya. (iju/r6)

Berita Lainnya

PLN NTB Akui Ada Gangguan di PLTU Jeranjang

Redaksi Lombok Post

Petugas Kejari Mataram Kembali Lakukan Penggeledahan Kantor Dispar Lobar

Redaksi Lombok Post

Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Redaksi Lombok Post

Global Hub Tak Boleh Disepelekan, Dewan Minta Gubernur Aktif Lobi Pusat

Redaksi Lombok Post

Sumbang PNBP Terbesar Kedua Bidang Kepatuhan, Amman Mineral Raih Penghargaan Dirjen Minerba

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post

Tambang Rakyat Boleh, Asalkan?

Redaksi Lombok Post

Manfaatkan Limbah Plastik untuk Campuran Aspal

Redaksi Lombok Post

Status Jabatan Ispan Junaidi Ditentukan Hari Ini

Redaksi Lombok Post