Lombok Post
Feature NTB

500 Orang Jadi Karyawan Permanen PT Macmahon

BAHAS TENAGA KERJA: Pertemuan para pemangku kepentingan saat pembahasan isu tenaga kerja di kantor Disnakertrans KSB di Taliwang, Senin (21/10).

TALIWANG-PT Macmahon Indonesia melanjutkan hubungan kerja 500-an karyawan. Bahkan, kontraktor tambang Batu Hijau, tambang tembaga dan emas yang berada beroperasi di Sumbawa Barat, NTB, itu menjadikan mereka karyawan permanen. Hal ini disampaikan perwakilan manajemen AMNT saat diskusi yang diinisiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KSB di Taliwang.

“Hari ini kami hadir di sini atas undangan Kadisnakertrans untuk membahas beberapa isu umum tenaga kerja di Kabupaten Sumbawa Barat,” kata Senior Manager Tanggung Jawab Sosial PT AMNT Syarafuddin Jarot kepada wartawan.

Dikatakan, banyak ide dan masukan dari semua stakeholder yang hadir. Beberapa poin dari diskusi itu selanjutnya akan disampaikan ke manajemen. “Kami ucapkan terima kasih atas beberapa masukan di bidang tenaga kerja terhadap AMNT,” katanya.

Jarot menjelaskan, proses perpanjangan dan pengakhiran kontrak kerja di PT Macmahon Indonesia dilakukan melalui Sosialisasi LKS Bipartit. Dari sekitar 600-an orang yang akan berakhir kontraknya akhir oktober ini, ada 500 orang yang akan dilanjutkan hubungan kerja dan menjadikan karyawan tersebut permanen. Dan sekitar 93 orang tidak dilanjut atau diperpanjang kontraknya. “Ini adalah angka saat ini, dan jumlahnya bisa berubah” ungkap Jarot.

Proses perpanjangan dan pengakhiran kontrak kerja di PT Macmahon Indonesia dilakukan melalui sosialisasi ke perwakilan LKS Bipartit yang ada di Batu Hijau. “Selama proses di atas berlangsung, operasional PT AMNT dan PT Macmahon Indonesia berjalan lancar,” tutur Jarot.

Komposisi karyawan Macmahon saat ini, yang berasal dari KSB 58 persen (1.192 karyawan), NTB 18 persen ( 367 karyawan) dan non NTB 24 persen (503 karyawan). Ada 3 faktor yang jadi pertimbangan perpanjangan kontrak yaitu kinerja, perilaku, dan rekam medis. Saat ini sebagian besar tenaga kerja yang bekerja di PT Macmahon adalah perjanjian kerja waktu tertentu. (yun/r1)

Berita Lainnya

Kawasan Samota Butuh Infrastruktur Pendukung

Redaksi Lombok Post

Penyelenggaraan MotoGP Mandalika Didukung Penuh DPD RI

Redaksi Lombok Post

Pengembangan RSUD Kota Mataram Tak Bisa Terlaksana Tahun Depan

Redaksi Lombok Post

Gubernur NTB Wajibkan Aparat Pemerintah Desa Ramah pada Investasi dan Melek Informasi

Redaksi Lombok Post

Usai Kebakaran, Pendakian Rinjani Kembali Dibuka tapi Ancaman Masih Ada

Redaksi Lombok Post

Pertumbuhan Ekonomi NTB Tertinggi Keempat di Indonesia

Redaksi Lombok Post

Sekolah Buin Batu di Tambang Batu Hijau Wakili Indonesia dalam Ajang Kompetisi Pendidikan Tingkat Internasional

Redaksi Lombok post

Berkunjung ke Sekolah Cinta Bahasa Milik Yoshida Chandra

Redaksi Lombok Post

Syafrudin Perjuangkan 52 BTS Baru Dibangun di NTB

Redaksi Lombok Post